Kehormatan, ANECC Dikunjungi Tim Asesor UNESCO

Jumat, 04 Agustus 2023 BBKSDA Sumatera Utara

ANECC, 4 Agustus 2023 - Kamis, 3 Agustus 2023, Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC) kedatangan tamu istimewa dari Tim Asesor UNESCO (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), Organisasi Pendidikan, Keilmuan dan Kebudayaan  Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB),  yaitu Prof. DR. Xiaochi JIN (Senior Evaluator UGGp) dan Soojae LEE, Ph.D (Junior Evaluator UGGp) yang didampingi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simalungun. Kedatangan Tim Asesor UNESCO ini untuk Revalidasi Toba Caldera Tahun 2023 dalam rangka mempertahankan status Geosite Caldera Toba sebagai anggota UNESCO Global Geopark (UGGp). Kegiatan Revalidasi sudah dilakukan dari tanggal 31 Juli s.d 4 Agustus 2023 di titik lokasi geosite yang sudah dipilih dan disetujui yaitu Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba dan Kabupaten Simalungun.

Tim Asesor UNESCO melakukan penilaian terkait 6 (enam) rekomendasi UNESCO yang harus dilakukan Indonesia sebagai Anggota UGGp. Adapun keenam rekomendasi yang dimaksud yaitu:  pertama, mengembangkan hubungan antara warisan geologis dan warisan teritorial lainnya seperti biotik alami, budaya tidak berwujud melalui interpretasi, pendidikan dan wisata. Termasuk melatih pemandu lokal, operator dan masyarakat setempat dan lainnya. Kemudian tentang tautan antara geologi dan ekologi, untuk diaktifkan berbagi pengetahuan dengan pengunjung.

Kedua, mengembangkan strategi kemitraan yang mencakup metodologi dan kriteria yang jelas untuk menjadi mitra. Hal itu berlaku untuk akomodasi, katering, penyedia transportasi, penyedia aktivitas dan produsen produk lokal. Ketiga, memperkuat keterlibatan dalam aktivitas Global Geoparks Network dan Asia Pasifik Jaringan Geoparks untuk mempromosikan nilai internasional wilayah melalui kemitraan dengan Global Geoparks di bawah payung UGGp.

Keempat, mengembangkan strategi pendidikan dengan bekerja dalam kemitraan dengan UGGp lainnya. Kelima, meningkatkan strategi dan kegiatan pendidikan untuk memfasilitasi mitigasi bahaya alam dan perubahan iklim di sekolah-sekolah untuk populasi lokal, dan keenam, memperkuat keterlibatan UGGp dalam studi penelitian, konservasi dan promosi penduduk asli setempat dan budaya serta bahasa mereka.

Kunjungan Tim Asesor UNESCO ke ANECC tentunya menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi ANECC karena Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berkontribusi dalam mendukung penilaian Caldera Toba guna mempertahankan status Geosite Caldera Toba sebagai Anggota UGGp. Tim Asesor UNESCO juga menyatakan kekagumannya dengan adanya konservasi gajah di geosite kaldera Toba yang memberi warna tersendiri bagi Danau Toba, serta menyampaikan saran agar kedepan lebih dioptimalkan dan dimaksimalkan lagi pengelolaannya.


Sumber : Lisbeth Manurung, S.Hut. (Penyuluh Kehutanan) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini