Road to HKAN : TNGM Bersinergi Bersama FPL PALEM

Rabu, 02 Agustus 2023 BTN Gunung Merapi

Sleman, 1 Agustus 2023 - Pengelolaan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) dapat dilakukan secara sinergi antara Balai TNGM juga masyarakat sekitar kawasan konservasi. Salah satu, mitra Balai TNGM dalam penguatan fungsi TNGM yaitu Forum Peduli Lingkungan Pecinta Alam Merapi (FPL PALEM). Kelompok masyarakat ini berlokasi di Padukuhan Batur, Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman. Secara periodik, dilaksanakan pendampingan oleh Balai TNGM.  

Pendampingan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kapasitas FPL PALEM serta Padukuhan Batur dalam mengembangkan Desa Wisata Batur Berdikari atau yang disingkat menjadi Dewi Batari.  Untuk tahun 2023 ini, dilaksanakan pendampingan yang dihadiri oleh Kepala Balai TNGM, Kepala SPTN Wilayah I Sleman-Magelang, Koordinator RPTN Cangkringan, Lurah Kepuharjo yang diwakili oleh Kepala Urusan Pemerintahan Kalurahan Kepuharjo, Babinsa, Babinkamtibnas, dan FPL PALEM.  

Dalam kesempatan ini, kelompok masyarakat mendapatkan informasi terkait Manajemen Pengelolaan Kunjungan Wisata yang disampaikan oleh Merapi Jogja Tour (agen perjalanan di Yogyakarta) dan juga Potensi Bioprospeksi di TNGM yang disampaikan oleh Dr. Ari Nurwijayanto,S.Hut., M.Sc. selaku Pengendali Ekosistem Hutan pada Balai TNGM. 

Pendampingan ini juga merupakan bentuk dukungan Balai TNGM terhadap upaya ekonomi kreatif dilakukan oleh FPL PALEM serta Padukuhan Batur untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.   Dalam sambutannya, Kepala Balai TNGM, Muhammad Wahyudi, S.P., M. Sc., menyampaikan bahwa inovasi masyarakat sekitar kawasan TNGM perlu mendapatkan apresiasi berupa dukungan untuk terus berkembang sehingga masyarakat sejahtera, kawasan TNGM pun terjaga.

Kegiatan pendampingan FPL PALEM dan Padukuhan Batur ini merupakan rangkaian kegiatan Road to HKAN 2023.  Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2023 dengan tema Hapungkal Himba Karingu atau Jiwa Yang Damai Dalam Harmoni Hutan Belantara. Puncak HKAN akan dilaksanakan di TWA Bukit Tangkiling Provinsi Kalimantan Tengah.


Sumber :  Balai TN Gunung Merapi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini