Terus Berikan Himbauan, Untuk Stop Illegal Logging

Kamis, 02 Februari 2023

Lubuk Kembang Bunga, 31 Januari 2023. Petugas Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) melakukan pertemuan bersama masyarakat mitra Polhut (MMP), PT. Sarbi, dan PT. Sonokeling di Desa Bagan Limau, patroli dan sosialisasi pada tanggal 18-23 Januari 2023. Pertemuan tersebut digelar untuk berdiskusi tentang progres kegiatan Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di TN Tesso Nilo hingga solusi yang akan dilakukan. 

Di lokasi lain, tim patroli Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Baserah melakukan kegiatan patroli ke arah perbatasan dengan kawasan buffer zone konsesi PT. RLZ, dan ditemukan bekas stekingan menggunakan alat berat yang hanya berjarak 50 meter dari batas kawasan TN Tesso Nilo. Dari hasil temuan tersebut, petugas berkoordinasi dengan PT. RLZ dan ternyata pihak PT. RLZ telah melakukan penangkapan 1 unit alat berat pada tanggal 15 Januari 2023 dan saat ini telah diproses hukum oleh Reskrim Polres Pelalawan. Petugas kemudian memasang plang peringatan di sekitar areal stekingan karena sangat dekat berbatasan langsung dengan kawasan TN Tesso Nilo serta melakukan sosialisasi ke masyarakat Kuala Renangan untuk menjaga keutuhan hutan TN Tesso Nilo.

Patroli di wilayah AM/Sungai Tapa, sosialisasi juga diberikan untuk tidak melakukan tindak pidana hutan seperti, perambahan, illegal logging, pembakaran hutan, dan lainnya. Tak jauh dari lokasi sosialisasi ditemukan tumpukan kayu olahan campuran berupa papan dan broti dari jenis meranti, kelat, dan pisang – pisang. Petugas lalu menghitung jumlah, mengambil dokumentasi, merusak beberapa bagian dan melaporkan ke RT setempat sekaligus mengingatkan agar RT ikut menghimbau warganya untuk tidak lagi melakukan illegal logging.

Sumber: Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini