Akhirnya, KT Fajar Pansur Nauli Nikmati Panen Kentang

Kamis, 22 Desember 2022

Anggota KT. Fajar Pansur Nauli sedang memilah hasil panen untuk dijual dan untuk dijadikan bibit kembali

Lae Hole II, 22 Desember 2022. Kabar gembira datang dari Kelompok Tani binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara yakni Kelompok Tani (KT) Fajar Pansur Nauli di Desa Lae Hole II. Dari bantuan usaha pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan yang disalurkan Balai Besar KSDA Sumatera melalui Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, dengan kegiatan penanaman kentang telah membuahkan hasil. Dimana saat petugas Resort Taman Wisata Alam (TWA) Sicike-cike beserta Penyuluh Kehutanan melakukan kunjungan kepada Kelompok Tani Fajar Pansur Nauli, anggota kelompok tani tengah melakukan panen kentang perdana.

Meskipun cuaca kurang mendukung, namun anggota kelompok tani berhasil mengumpulkan 8.032 kg kentang dari pengelolaan lahan seluas 2.800 m2. Dari 8.032 kg ini diperoleh kentang dengan grade A-B sebanyak 6.381 kg dan kentang grade C-D sebanyak 1.652 kg. Selanjutnya kentang grade A-B inilah yang akan dipasarkan/dijual melalui penampung, sedangkan kentang grade C-D akan kembali dijadikan bibit.

Secara garis besar, hasil panen kentang Kelompok Tani Fajar Pansur Nauli memuaskan mengingat faktor cuaca yang buruk dengan curah hujan yang cukup tinggi, sehingga membuat perawatan kentang menjadi lebih ekstra. Kedepannya untuk keberlangsungan bantuan ini, masih disisihkan bibit kentang yang nantinya akan dibagikan kepada anggota kelompok untuk ditanami di ladangnya masing-masing.

Petugas dan anggota KT. Fajar Pansur Nauli memperlihatkan hasil panen ketang

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, Tuahman Raya Tarigan, S.Sos. menyatakan kepuasannya terhadap hasil kerja keras Kelompok Tani Fajar Pansur Nauli, dan memiliki  keyakinan bahwa kegiatan penanaman kentang dalam rangka peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat akan dapat diwujudkan/ direalisasikan. Tuahman Raya Tarigan juga menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung serta mendampingi kelompok tani dalam pengembangan usaha ini.

Sumber : Hafsah Purwasih, S.Hut. - Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini