Bulan Cinta Laut Salah Satu Upaya Mendukung Kelestarian Penyu

Selasa, 22 November 2022

Yogyakarta, 21 November 2022. Balai KSDA Yogyakarta dalam hal ini Resort Konservasi Wilayah Bantul mengikuti kegiatan “Gita Laut (Gerakan Bersih Pantai dan Laut) Tahun 2022” yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Sabtu (19/11/2022). Dengan tema “Bulan Cinta Laut, Laut Sehat, Indonesia Sejahtera” diharapkan dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan berlandaskan 2 aspek yaitu aspek Ekologi dan aspek Ekonomi.  Kegiatan ini merupakan puncak  dari serangkaian acara yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Hadir pada kesempatan ini Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, perwakilan dari beberapa OPD pusat dan daerah, pelestari penyu Kabupaten Bantul serta mitra. Dalam arahannya Wakil Gubernur DIY berharap melalui kegiatan ini dapat mendukung pariwisata yang ada di Kabupaten Bantul khususnya wisata pesisir.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan prasasti tugu Konservasi Penyu, penyerahan beberapa hadiah dan diakhiri dengan bersih pantai. Kegiatan bersih pantai dilakukan secara serentak di enam  lokasi yang merupakan tempat pendaratan penyu yaitu di Pantai Pelangi, Baros, Samas, Goa Cemara, Pandansimo Baru dan  Pandansimo.

Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Muhammad Wahyudi memberikan respon baik terhadap kegiatan ini. “Keberadaan sampah merupakan salah satu factor yang mempengaruhi penyu tidak jadi mendarat di suatu pantai. Melalui Kegiatan Bulan Cinta Laut yang diisi dengan bersih pantai diharapkan dapat meminimalisir gangguan terhadap habitat dan tempat pendaratan penyu khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Bantul”. Wahyudi juga berharap melalui kegiatan ini dapat terjalin koordinasi yang baik antara OPD, pelestari penyu dan stake holder terkait dalam upaya pelestarian penyu.

Sumber : Siti Markhamah  - PEH Balai KSDA Yogyakarta

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini