BEM KEMA Unpad, Ajak Siswa SDN Komodo Mengenal Kehati

Selasa, 20 September 2022

Suasana kegiatan belajar mengajar mahasiswa pada salah satu kelas SDN Komodo

Labuan Bajo, 18 September 2022. Mahasiswa Universitas Padjadjaran (UNPAD) yang tergabung dalam Eksplorasi Nusantara BEM KEMA UNPAD melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat mulai tanggal 25 – 31 Agustus 2022 di Resort Kampung Komodo Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Balai Taman Nasional Komodo. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan UNPAD agar bermanfaat bagi pengelolaan Taman Nasional Komodo, utamanya bagi masyarakat Desa Komodo yang bermukim di Pulau Komodo.

Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Komodo menjadi target dengan materi keanekaragaman hayati satwa di Taman Nasional Komodo. Mahasiswa dan dosen sebelumnya telah berkoordinasi dengan pimpinan Balai Taman Nasional Komodo dan Usman (Kepala SDN Komodo). Koordinasi dengan para pemangku kepentingan merupakan tahapan penting yang perlu dilakukan agar kehadiran dan aksi pengabdian mahasiswa ini tidak mengganggu proses KBM yang berlangsung di sekolah. Kepala SDN Komodo kemudian memberikan alokasi waktu pada jam mata ajar Muatan Lokal selama satu jam pelajaran sebagai waktu pembelajaran khusus selama satu pekan bagi rombongan UNPAD melakukan aksi pengabdian masyarakatnya terhadap para siswa SDN Komodo.

Sejumlah 217 siswa SDN Komodo berpartisipasi pada kegiatan ini, terdiri dari pelajar kelas 1 SD hingga kelas 6 SD, dengan pembagian kelompok sebanyak 11 rombongan belajar. Komposisi materi ajar diantaranya mengenai makna kemerdekaan dan sejarah Indonesia serta keanekaragaman hayati satwa di Indonesia, khususnya Taman Nasional Komodo. Media pembelajaran yang digunakan pada setiap rombongan belajar adalah infografis berupa poster yang selanjutnya akan diserahkan kepada pihak sekolah untuk digunakan pada kegiatan belajar mengajar (KBM) berikutnya.

Kegiatan diikuti personil mahasiswa dan dosen diantaranya Nazla Amanda (Mahasiswa Prodi Sastra Arab), Wada Adiasa (Mahasiswa Prodi Peternakan), dan Dr. Eneng Nunuz Rohmatullayaly (Dosen Prodi Biologi). Pembelajaran yang dikemas dengan konsep fun learning membuat siswa-siswi SDN Komodo tampak antusias mempelajari hal baru bersama seluruh mahasiswa dan dosen UNPAD yang terlibat. Ragam aktivitas yang dilaksanakan meliputi ice breaking, menyanyikan lagu kemerdekaan Indonesia, mengadakan kuis, dan membagikan hadiah bagi siswa-siswi yang berani unjuk pengetahuan di kelas. Berdasarkan pengamatan mahasiswa, siswa-siswi SDN Komodo memiliki pengetahuan mengenai keanekaragaman hayati satwa di Taman Nasional Komodo dengan cukup baik. Para pelajar dapat mengidentifikasi berbagai jenis fauna diantaranya: biawak komodo (Varanus komodoensis), rusa timor (Rusa timorensis), babi hutan (Sus scrofa), gagak kampung (Corvus sp.), dugong (Dugong dugon), lumba-lumba hidung botol (Tursiops truncatus), dan penyu hijau (Chelonia mydas).

Melihat baiknya wawasan pengetahuan siswa terhadap fauna di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, mahasiswa kemudian mengenalkan jenis satwa lain yang ada di Indonesia untuk menambah kamus pengetahuan para pelajar, seperti : orang utan (Pongo sp.), tarsius (Tarsiidae sp.), badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus), gajah sumatera (Elephas maximus sumatrensis), babi rusa (Babyrousa babyrousa), dan walabi papua (Macropus agilis papuanus). Informasi baru yang disampaikan oleh mahasiswa UNPAD pun mendapatkan respon positif dari para pengajar di SDN Komodo.

Suasana kegiatan lomba mewarnai siswa Kelas 1-3 SDN Komodo pada kegiatan penutupan Ekplorasi Nusantara

Penutup dari rangkaian Eksplorasi Nusantara, mahasiswa BEM KEMA UNPAD menyelenggarakan acara “Komodo Ceria” sebuah festival kecil yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) dan perangkat desa di Desa Komodo. Kegiatan tersebut diikuti baik oleh siswa-siswi SDN Komodo, SMPN Komodo, perangkat Desa Komodo, pengurus Taman Baca Komodo, dan masyarakat Kampung Komodo. Berbagai kegiatan lomba dilaksanakan diantaranya lomba mewarnai satwa endemik bagi siswa SDN Komodo kelas 1-3, penampilan baca puisi dari siswa kelas 4 SDN Komodo, penampilan seni dan kebudayaan berupa silat khas Kampung Komodo yang dipraktikan oleh siswa SMPN Komodo yang kemudian ditutup dengan aksi “Tarian Nusantara” dan “Tarian Wonderland”. Rangkaian kegiatan penutupan juga meliputi pembagian donasi buku sebanyak 29 buku cerita binatang, 50 buku cerita Nabi Muhammad SAW, dan 35 buku kisah Islami dari Penerbit Al- Hilal kepada Taman Baca Komodo.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Mahasiswa Universitasn Padjadjaran Staf Divisi Acara Eksplora Nusantara - Nazla Amanda (+6281286907867)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.Sc. (+6281310300678) dan Mahasiswa Prodi Manajemen Destinasi Pariwisata Polikteknik Pariwisata NHI Bandung - Joy Filip Oktavianus (+6281395201028)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6281138290000)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini