SKW I BBKSDA Riau Pantau Pembangunan Peron Sawit di Pinggir Sungai Kerumutan

Jumat, 29 Juli 2022

Pekanbaru, 29 Juli 2022 - Tim Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I melakukan pantauan terkait pembangunan peron (tempat pemuatan) sawit di pinggir sungai Kerumutan, Kelurahan Teluk Meranti, KecamatanTeluk Meranti, Kabupaten Pelalawan (20/07).

Tim Resort melakukan pertemuan dengan pemilik peron sawit beserta pengawas peron sawit yang berlokasi di tanah masyarakat pinggir sungai Kerumutan.

Berdasarkan keterangan pemilik peron, pembangunan peron sawit tidak ada dorongan atau paksaan dari pihak manapun. Rencana dibukanya aktivitas peron sawit di pinggir sungai Kerumutan bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Teluk Meranti. Buah-buah sawit masyarakat di sekitar Teluk Meranti akan ditampung dan selanjutnya dibawa ataupun dijual kepada perusahaan sawit yang ada di sekitar Kecamatan Kerumutan dengan transportasi melewati sungai Kerumutan yang berada di dalam kawasan Suaka Margasatwa Kerumutan.

Berdasarkan informasi yang didapat, pembersihan sungai SM Kerumutan diawali oleh permintaan masyarakat kepada Bupati Pelalawan pada tahun 2020 untuk dibersihkan dari tanaman air.

Selanjutnya pemilik peron akan mengurus ijin melintas di sungai SM Kerumutan. Petugas akan terus memantau aktifitas tersebut.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini