BKSDA Sumbar Gandeng Berbagai Mitra Sambut Global Tiger Day 2022

Jumat, 29 Juli 2022

Padang, 29 Juli 2022 - Global Tiger Day (GTD) diperingati setiap tanggal 29 Juli setiap tahunnya. Tema yang diusung tahun ini yaitu “Keep Wildlife in the Wild”. Tema ini memberi makna agar kita bergandengan tangan untuk menjaga kelestarian harimau agar selalu berada di habitat aslinya.

Dalam rangka menyambut peringatan Global Tiger Day 2022, Balai KSDA Sumatera Barat menggandeng berbagai mitra untuk melaksanakan beberapa rangkaian acara, diantaranya yakni "Visit to school" yang telah dilaksanakan bersama Yayasan Sintas Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten Agam pada 19 - 21 Juli 2022 di enam sekolah dasar (SD) dengan tujuan mengenalkan harimau sumatera kepada siswa/i SD agar dapat menumbuhkan kepedulian dan pengetahuan terkait harimau sumatera serta peranannya bagi lingkungan sekitar.

Masih dalam rangkaian peringatan GTD 2022, BKSDA Sumbar bersama Yayasan Arsari Djoyohadikusumo mengadakan talkshow dengan menghadirkan narasumber yang berkompetan dibidangnya. Acara talkshow bertajuk “Konservasi Harimau Sumatera dan Keanekaragaman Hayati” ini dibuka oleh Wakil Menteri LHK, Dr. Alue dohong, serta turut di hadiri oleh Dr. Ir. Wiratno sebagai pemantik diskusi yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2022.

Selanjutnya juga dilaksanakan acara di Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan Bukittinggi (TMSBK) dengan  mengundang Bapak Walikota Bukitinggi, H. Erman Safar, SH., ke Kebun binatang. Disana beliau menyampaikan sambutan dan ucapan selamat memperingati Hari Harimau Sedunia dan mengajak untuk bersama-sama menyelamatkan harimau sumatera.

Selain itu, di kabupaten Agam juga dilaksanakan kegiatan peringatan Global Tiger Day 2022 berupa pengecatan  tiga patung Harimau Sumatera yang berada tepat dipusat ibukota kabupaten serta penyebaran flyer tentang Harimau Sumatera dan Satwa Dilindungi yang dilaksanakan oleh BKSDA bersama Pemkab dan Polres Agam.

Rangkaian acara GTD ini juga diisi kegiatan talkhsow "Konservasi Harimau di Mata Jurnalis" dan Pameran Foto yang dipelopori oleh aktivis lingkungan Jejak Harimau (@Jejak_harimau). Talkshow ini dilaksanakan tanggal 26 - 29 Juli 2022 dengan pembicara utama Founder Jejak Harimau Andri Mardiansyah.

Melengkapi peringatan acara GTD 2022, BKSDA Sumbar bersama Yayasan Sintas Indonesia juga memeriahkannya dengan mengadakan Giveaway. Acara ini dilakukan melalui akun medsos @bksda_sumbar dengan memberikan kuis selama 3 hari (tanggal 28 - 30 Juli 2022) dimana pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2022 dan akan diberikan hadiah yang menarik. Diharapkan dari kuis ini, kita bisa melihat sampai dimana pengetahuan masyarakat tentang pelestarian harimau.

 

 

 

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini