Tujuh Ohoi Terima Bantuan Pengembangan Usaha

Selasa, 26 Juli 2022

Ambon, 25 Juli 2022. Kepala Balai KSDA Maluku- Bapak Danny H. Pattipeilohy, S.Pi., M.Si bersama staff memberikan bantuan pengembangan usaha ekonomi produktif kepada 7 kelompok yang berasal dari 7 (Tujuh) Ohoi/Desa di Kec. Kei Kecil Barat, Kab. Maluku Tenggara, Jumat (15/07/2022). Ohoi yang menerima bantuan dalam program ini diantaranya adalah Ohoiren, Ohoidertom, Ohoisomlain, Ohoi Madwaer, Ohoidertutu, Ohoi Warbal, dan Ohoi Ur Pulau. Ohoi ini dipilih karena lokasinya berada di sekitar kawasan yang memiliki nilai konservasi tinggi karna merupakan habitat dari satwa liar dilindungi, salah satunya adalah Penyu Belimbing/tabob (Dermochelys coriacea). Kawasan ini termasuk pada Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KKP3K) Pulau Kei Kecil, Pulau-Pulau, dan Perairan Sekitarnya.
 
Bantuan yang diberikan berupa alat-alat pendukung perairan tangkap dan budidaya rumput laut serta alat perkebunan dengan nilai Rp. 40 juta rupiah untuk setiap kelompok. Harapannya melalui bantuan ini, kemandirian masyarakat meningkat melalui peningkatan ekonomi kerakyatan sehingga dapat mendukung dan berkontribusi dalam upaya pelestarian tumbuhan dan satwa liar dilindungi.

Dalam sambutannya, Bapak Danny menyampaikan bahwa kegiatan pengembangan kelembagaan malalui pemberian bantuan usaha ekonomi produktif ini adalah sebuah stimulan bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya dan di sisi lain dapat turut serta mendukung dan melaksanakan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Pada kesempatan yang sama, Bapak Bupati Maluku Tenggara - Bapak Drs.H. Muhamad Thaher Hanubun juga menyampaikan, bahwa di Pulau Kei terdapat adat dimana dalam pelaksanannya memanfaatkan satwa dilindungi. Sebagai dukungan upaya pelestarian, pemanfaatan satwa tersebut perlu diminimalisir, salah satunya melalui program pengembangan usaha ekonomi produktif ini.

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Maluku Tenggara ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis kepada 7 kelompok masyarakat dari 7 Ohoi di Kec. Kei Kecil Barat oleh Bupati Maluku Tenggara dan Kepala Balai KSDA Maluku.

Sumber : Tim Media Balai KSDA Maluku

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini