Akses Telekomunikasi Dinantikan, Balai TN Taka Bonerate Gandeng PT. Dayamitra Telekomunikasi Tbk.

Selasa, 19 Juli 2022

Jakarta, 15 Juli 2022 - Pembahasan dan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Balai Taman Nasional (TN) Taka Bonerate dengan PT. Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MITRATEL) tentang Pembangunan Strategis yang tidak dapat Dielakkan berupa Penempatan dan Pengoperasian Menara Telekomunikasi bersama di TN Taka Bonerate dilaksanakan di Ballroom Mawar 2 Hotel Santika Premiere Slipi Jakarta Barat.

Penempatan dan pengoperasian menara tersebut rencananya sebanyak 4 (empat) unit di Zona Khusus di Pulau/Desa Rajuni, Desa Tarupa, Desa Jinato, dan Desa Khusus Pasitallu, yang akan mengkoneksikan semua pulau/desa di dalam TN Taka Bonerate, termasuk pulau-pulau terluar/terdepan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Diinformasikan pula bahwa launching pengoperasian menara/tower ini direncanakan akan dilaksanakan pada Puncak Peringatan Hari Jadi Selayar Ke-417.

Kepala Balai TN Taka Bonerate, Faat Rudhianto, S.Hut., M.Si. menyampaikan bahwa akses telekomunikasi menjadi salah satu hal yang sangat dinantikan di TN Taka Bonerate. Beliau juga menambahkan bahwa kehadiran jaringan telekomunikasi akan sangat membantu efektivitas pengelolaan kawasan terutama dalam menerapkan sistem pengawasan berbasis SMART Patrol, serta mendukung manajemen basis data Balai TN Taka Bonerate yang sudah mulai mengurangi penggunaan kertas/paperless.

PKS ini juga diharapkan dapat mempermudah akses komunikasi masyarakat di dalam/sekitar kawasan, serta mendukung pengelolaan TN Taka Bonerate sebagai Kawasan Pelestarian Alam, Zona Inti Cagar Biosfer, dan KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional). Kerja sama ini sekaligus mendukung program nasional Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal), khususnya di sekitar kawasan Taman Nasional Taka Bonerate. 

Selain penandatanganan kerja sama, Balai TN Taka Bonerate dan MITRATEL juga menandatangani dokumen Rencana Pelaksanaan Program (RPP), Rencana Kerja Lima Tahun (RKL), dan Rencana Kerja Tahun (RKT)  2022-2023. Pembahasan dan penandatanganan kerja sama ini dihadiri oleh perwakilan: Setditjen KSDAE, perwakilan Direktorat Teknis Lingkup Ditjen KSDAE Kementerian LHK, serta General Manager PT Dayamitra Telekomunikasi, Tbk. (MITRATEL) Wilayah IV Pamasuka beserta jajarannya.

Sumber: Asep Pranajaya, S.Pi. - Penyuluh Kehutanan Muda Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Editor: Humas BTN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini