Kolaborasi Pengembangan Daerah Penyangga

Senin, 18 Juli 2022

Cianjur, 16 Juli 2022. Kelompok Tani Hutan (KTH) Ancaraya dan KTH Gerbi Lestari bersama Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) dan BLU Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup (BPDLH), Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan melakukan penyerahan bibit pohon dan penanaman secara simbolis di sekitar Camping Ground Cigombong, Kampung Pasir Cina, Desa Cipendawa, Kec. Pacet, Kab. Cianjur, Jumat (15/7/22).

Kegiatan penanaman ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Badan Pengelolaan Dana LH, Kemenkeu terhadap lingkungan di daerah penyangga TNGGP yang diwakili KTH Gerbi Lestari (Desa Cimacan) dan KTH Ancaraya (Desa Cipendawa) dan sekaligus menggali informasi terkait program pemberdayaan masyarakat di daerah penyangga kawasan konservasi. 

Bibit yang diberikan sebanyak 519 bibit yaitu jenis nangka 19 bibit, alpukat 300 bibit, jati 100 bibit, dan sengon 100 bibit yang dibagikan kepada KTH Ancaraya dan KTH Gerbi Lestari. Bibit tersebut ditanam di daerah penyangga TNGGP yang berbatasan dengan zona pemanfaatan (Camping Ground Lembah Cigombong), Blok Pasir Cina, Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Gunung Putri. Bibit selebihnya akan didistribusikan kepada anggota KTH Ancaraya dan KTH Gerbi Lestari serta masyarakat sekitar untuk ditanam di lahan milik masyarakat.

Penanaman dihadiri oleh Tim BPDLH, yaitu Direktur Keuangan, Umum dan Sistem Informasi, Anne Serfiana, dan Direktur Penyaluran Dana, Nining Ngudi Purnamaningtyas, serta perwakilan dari BPDASHL Citarum-Ciliwung, Bagus dan BBTNGGP, yaitu Kepala Seksi PTN Wilayah I Cibodas, Kepala Resort PTN Gunung Putri, Penyuluh Kehutanan, dan petugas Resort PTN Gunung Putri.

Semoga dengan adanya kegiatan penanaman ini menjadi langkah awal untuk menjalin hubungan yang bersinergi, antara KTH, BBTNGGP, BPDASHL Citarum-Ciliwung, dan BPDLH.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks dan Dok : Sisca Widiya A

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini