Studi Tiru Pemkab Probolinggo ke Resort PTN Situgunung

Kamis, 14 Juli 2022

Situgunung, 13 Juli 2022 - Resort Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Situgunung Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) berkesempatan menerima kunjungan kerja dari Pemkab Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (12/7). Kunjungan kerja ini dihadiri langsung oleh Bupati Probolinggo, Ketua DPRD Probolinggo, Sekretaris Daerah Pemkab Probolinggo beserta rombongan, juga didampingi Plt. Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan Staf. Kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam rangka studi tiru pengelolaan wisata yang ada di Resort PTN Situgunung.

Pada kesempatan ini rombongan disambut langsung oleh Plt. Kepala Balai Besar TNGGP Wasja, S.H. beserta jajaran sebagai tuan rumah di Tourism Information Center (TIC) Situgunung.  Wasja menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan dan dilanjutkan dengan paparan tentang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango termasuk pengelolaan wisata yang saat ini berjalan di lingkup Balai Besar TNGGP. Selanjutnya diharapkan studi tiru yang dilaksanakan di Situgunung ini dapat memberikan gambaran untuk rombongan Pemkab Probolinggo yang berencana membangun wisata sejenis yaitu pembangunan jembatan kaca. 

Setelah pemaparan dan penyerahan cindera mata dari Pemkab Probolinggo kepada BBTNGGP, acara dianjutkan dengan sesi foto bersama dan rombongan bergerak menuju teater untuk menyaksikan atraksi budaya kemudian dilanjutkan ke suspension bridge. Untuk melengkapi informasi yang diperoleh oleh rombongan diadakan sesi diskusi sebagai sharing informasi dari Taman Nasional dan pengelola wisata kepada rombongan. Tak hanya itu, rombongan kunjungan kerja diajak untuk mengamati dan menikmati secara langsung objek-objek wisata yang ada di Resort PTN Situgunung. 

Disepanjang perjalanan juga dilakukan dialog interaktif mengenai pengelolaan dan pengembangan wisata di daerah masing-masing yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar kawasan. Tentunya dengan tetap mengutamakan kelestarian kawasan, sehingga hutan terjaga, masyarakat sejahtera. 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Teks : Asep Suganda dan Yusnita Dewi
Dokumentasi : Resort PTN Situgunung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini