Aktivitas Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan di TWA Sungai Dumai

Selasa, 12 Juli 2022

Pekanbaru, 12 Juli 2022 - Tim Seksi Konservasi Wilayah (SKW) IV Dumai melakukan patroli pencegahan kebakaran hutan dan pengamanan kawasan ke wilayah Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur dan Kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai pada tanggal 27-29 Juni 2022.

Kegiatan patroli dilakukan pada lokasi yang rawan akan kebakaran dan berhasil menemukan aktivitas alat berat berupa 1 unit ekskavator yang sedang bekerja melakukan steking/pembersihan lahan kanal. Tim segera menghentikan aktivitas tersebut dan meminta alat berat untuk segera keluar dari dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Sungai Dumai. Tak lupa, operator alat berat tersebut diberikan surat peringatan dan pernyataan setelah memberikan data dan keterangan.

Selanjutnya tim menuju Jalan Cik Mamat dan Batu alam Kelurahan Mundam untuk melakukan pemantauan lokasi bekas terbakar. Sesampainya di lokasi, tampak debit air masih tinggi dan tidak terdapat aktifitas masyarakat yang melakukan pembukaan lahan.

Aktivitas patroli berlanjut ke Kelurahan Bukit Timah di Jalan Abdul Rabkhan Pomproy. Tim mengecek lokasi perambahan yang sering menjadi penyebab terjadinya kebakaran, syukurlah dilokasi tidak dijumpai masyarakat yang melakukan pembukaan lahan ataupun berladang. Namun, dijumpai patok kawasan yang sudah dicabut oleh perambah dengan kode No : HW 51. Tim segera melakukan perbaikan dan pemasangan kembali dikedudukannya semula serta memasang papan informasi kawasan TWA sungai Dumai. Saat dilakukan pengecekan debit air di lokasi tersebut, debit air masih tinggi dan aman dari kebakaran.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini