Penanganan Konflik Gajah Sumatera di Kecamatan Langgam

Selasa, 12 Juli 2022

Pekanbaru, 12 Juli 2022 - Tim Balai Besar KSDA Riau dari Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I, melakukan mitigasi konflik satwa liar Gajah Sumatera di Kelurahan Langgam, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan yang dilaksanakan pada hari Senin s.d. Kamis (4-7 Juli 2022)..

Tim berkoordinasi dengan pelapor selaku Ketua RT 1 Kelurahan Langgam dan selanjutnya bersama masyarakat, bergegas menuju lokasi konflik menggunakan transportasi air tradisional, pompong. Dilakukan upaya blokade di ladang sawit agar gajah tidak masuk kebun hingga fajar menjelang.

Tim bersama masyarakat menelusuri jejak gajah liar akan tetapi belum berhasil menemukan gajah tersebut. Jejak lama dan jejak baru telah bercampur, sehingga disepakati akan ditunggu hingga malam dimana diharapkan gajah akan keluar.

Malam harinya, terdengar suara gajah mendekat ke ladang sawit masyarakat. Tampak gajah liar berjumlah tiga ekor (2 ekor gajah betina dewasa dan 1 ekor berjenis kelamin jantan). Tim bersama masyarakat saling membantu melakukan penghalauan gajah liar hingga malam.

Tim menjelaskan kepada masyarakat tentang penanggulangan konflik gajah, dimana satwa melintas pada wilayah jelajahnya yang saat ini telah menjadi perkebunan namun pemilik kebun keberatan gajah melintasinya sehingga menginginkan satwa tersebut dapat dievakuasi ke tempat lain.  

Perlu penanganan dan koordinasi dari berbagai pihak untuk penyelesaian masalah ini hingga manusia dan gajah bisa hidup berdampingan tanpa merugikan satu sama lain.

 

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini