Bersama Multi Stakeholder Identifikasi Keberadaan Gajah Liar

Senin, 11 Juli 2022

Pekanbaru, 11 Juli 2022 - Sejak akhir Juni 2022, Resort Siak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau melakukan mitigasi satwa liar gajah sumatera di Desa Buantan Besar, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak. Aksi ini berawal dari informasi Babinkamtibmas Buantan Besar terkait kemunculan gajah sumatera di kebun sawit milik warga bernama Suhardianto.

Informasi yang dihimpun Tim bersama Babinkamtibmas Buantan Besar, Karyawan PT. TKWL dan masyarakat saat turun ke lokasi, didapat bahwa jumlah gajah adalah 2 ekor. Dan tim berhasil mengidentifikasi hasil perjumpaan jejak kaki, kotoran yang masih basah dan sawit yang dimakan.

Bersama karyawan PT. TKWL, dilakukan pemantauan udara menggunakan drone dan diketahui keberadaan satwa untuk beberapa saat berada di hutan. Diduga kuat gajah kembali ke arah timur areal yang berhutan (areal lindung PT. BKM). Untuk saat ini, Tim meminta masyarakat kembali menginformasikan jika satwa masuk ke perkebunan millik masyarakat untuk bersama - sama melakukan penggiringan ke luar dari kebun.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini