Penyerahan 2 Ekor Satwa Liar Ular Sanca Kembang dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon

Senin, 11 Juli 2022

Ambon, 11 Juli 2022 – Dalam kurun waktu 1 minggu di pekan-pekan terakhir bulan Juni tahun 2022, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon menyerahkan 2 ekor satwa liar Ular Sanca Kembang (Phytonreticulatus) yang masing-masing diamankan dari lokasi dan waktu yang berbeda.

Ular Sanca pertama diserahkan pada tanggal 23 Juni 2022 yang ditangkap di dalam salah seorang rumah warga yang berada di Kelurahan Pandan Kasturi Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Dari hasil identifikasi yang dilakukan oleh petugas BKSDA Maluku, diketahui bahwa ular tersebut memiliki panjang sekitar 3,20 meter dengan kondisi terdapat luka pada bagian badan yg kemungkinan terjadi pada saat proses penangkapan.

Untuk ular sanca yang kedua diterima petugas Pos Pelabuhan Laut Yos Sudarso Ambon dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon pada tanggal 28 Juni 2022. Ular tersebut berhasil ditangkap dan diamankan oleh petugas Damkar Kota Ambon di dok galangan Kapal Wayame Kota Ambon.

Berdasarkan hasil identifikasi yang dilakukan oleh petugas BKSDA Maluku, diketahui bahwa ular tersebut memiliki panjang sekitar 4 meter dengan kondisi sangat liar namun sehat, dan tak ada ditemukan bekas luka di badannya.

Saat ini kedua ular tersebut diamankan di Kandang Transit Passo Kota Ambon untuk dirawat dan dikarantina sebelum dilepasliarkan di habitat aslinya yang aman dan jauh dari pemukiman penduduk.

 

Sumber: Kacuk Seto Purwanto, S.Hut (Polhut) – Balai KSDA Maluku

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini