Pembahasan Penilaian Revisi Zona Pengelolaan TN Gunung Ciremai

Jumat, 08 Juli 2022

Jakarta, Juni 2022 - Adanya perkembangan kondisi fungsional Kawasan faktor eksternal serta dinamika pengelolaan menjadikan zona-zona sebelumnya dipandang perlu untuk ditinjau ulang dan dilakukan revisi sehingga implementasinya dapat meningkatkan efektivas dan efisiensi pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC).

Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi telah menyelenggarakan pembahasan penilaian revisi Zona TN Gunung Ciremai secara daring dan luring (05/06). Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang Balai Taman Nasional Gunung Ciremai untuk mempresentasikan draft rancangan Revisi Zona Taman Nasional Gunung Ciremai. Hadir pula sebagai peserta pembahasan dari eselon II lingkup Direktorat Jenderal KSDAE untuk memberikan masukan dan saran untuk penyempurnaan dokumen zona pengelolaan TNGC. 

Revisi zona pengelolaan TNGC yang telah dirancang sesuai dengan kriteria yang didasarkan pada hasil inventarisasi potensi terkini nilai penting kawasan, dipertajam dengan hasil konsultasi publik sehingga dapat menyerap aspirasi berbagai pihak dan memperhatikan hak-hak setempat yang lahir karena kesejahteraan serta kondisi aktualnya.

Perubahan-perubahan tata guna lahan di sekitar kawasan TNGC sebagai akibat dari perkembangan pembangunan, perubahan politik menuju otonomi dan implementasi upaya pemanfaatan langsung sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat menjadi salah satu pertimbangan arah pengelolaan TNGC ke depan.

 

Sumber : Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini