Dialog Bersama Masyarakat Bunaken Kepulauan

Jumat, 08 Juli 2022

Manado, Juni 2022 - Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi bersama Kepala Balai Taman Nasional Bunaken dan Kepala Balai KSDA Sulawesi Utara mendampingi kunjungan kerja DPD-RI Komite II (29/6).

Kunjungan kerja anggota Komite II DPD RI dipimpin oleh Wakil Ketua Komite II DPD RI, Bapak Lukky Semen (Senator Sulawesi Tenggara) dan diikuti oleh Bapak Stefanus (Senator Sulawesi Utara), Ibu Hj. Emma (Senator Sumatera Barat), Ibu Waode Rabia (Senator Sulawesi Tenggara) dan Bapak Mamberob Rumakiek (Senator Papua Barat). Kunjungan kerja dilakukan ini sehubungan dengan adanya aspirasi masyarakat Pulau Bunaken terkait tenurial di kawasan konservasi Taman Nasional Bunaken.

Dialog bersama masyarakat yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komite II DPD RI, dihadiri perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian ATR/BPN, Pemprov Sulut, Pemkot Manado, Ketua DPRD Kota Manado, Tokoh masyarakat, pemuda dan agama berjalan kondusif dan harmonis.

Dalam penjelasannya, Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi menyampaikan bahwa Kementerian LHK dalam masa kepemimpinan Presiden Jokowi sudah banyak membuat terobosan kebijakan dan mengubah paradigma pengelolaan hutan khususnya kawasan konservasi untuk kesejahteraan masyarakat. Misalnya program Perhutanan Sosial yang salah satunya melalui skema kemitraan kawasan konservasi.

Berbagai mekanisme/aturan juga telah diubah dan disiapkan pemerintah, terutama dalam penyelesaian permasalahan tenurial dalam kawasan hutan. Harapannya adalah pengelolaan kawasan hutan harus mampu memberikan keseimbangan antara kelestarian ekologi, sosial dan budaya serta kesejahteraan ekonomi masyarakat.

 

Sumber : Direktorat Perencanaan Kawasan Konservasi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini