Jejak Harimau Teridentifikasi di Sijamapolang, BBKSDA Sumut Lakukan Sosialisasi

Rabu, 06 Juli 2022

Salah satu jejak harimau yang ditemukan warga

Sijamapolang, 6 Juli 2022. Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) teridentifikasi muncul di Desa Nagurguran, Desa Sibuntuan dan Desa Sitapongan, Kecamatan Sijamapolang, Kabupaten Humbang Hasundutan. Kemunculan satwa liar ini ditandai dengan ditemukannya jejak-jejak kaki di berbagai tempat. Menyikapi ini Camat Kecamatan Sijamapolang segera berkoordinasi dengan Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung.

Hasil koordinasi tersebut ditindaklanjuti dengan terbitnya surat Camat Nomor : 140/95/Kec.07/VI/2022 tanggal 27 Juni 2022, perihal Himbauan Bahaya Binatang Buas, yang ditujukan kepada Kepala Desa Se-Kecamatan Sijamapolang. Dalam himbauannya, Camat menyampaikan agar semua warga dalam melakukan aktifitas di ladang dilaksanakan mulai jam 09.00 Wib s.d 16.00 Wib, dan jika bepergian ke ladang diusahakan melebihi dari 4 (empat) orang. Terhadap semua ternak kerbau/lembu agar ditarik ke daerah pemukiman. Selain itu aparat pemerintah desa ditugaskan untuk melakukan pengawasan terhadap aktifitas masyarakat di ladang.

Petugas koordinasi dengan Camat Sijamapolang

Dalam perkembangan penanganan, selanjutnya petugas Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, turun langsung ke lokasi untuk mengumpulkan bahan dan keterangan baik dari Camat Kecamatan Sijamapolang (Drs. Toga Halasan Simamora) maupun dari warga, pada Selasa 5 Juli 2022, dan diperoleh informasi bahwa jejak-jejak harimau ditemukan di Desa Bonan Dolok, Desa Nagurguran, Desa Sibuntuon dan Desa Sitapongan. Namun belum ada satupun warga yang melihat langsung keberadaan si raja hutan tersebut.

Demikian juga saat mengumpulkan bahan dan keterangan dari warga, petugas tidak lupa menyampaikan kembali himbauan dan sosialisasi kepada warga untuk selalu waspada serta tidak melakukan tindakan ataupun perbuatan yang dapat membahayakan baik bagi warga maupun bagi harimau. Bila menemukan adanya indikasi kehadiran satwa liar tersebut agar segera melaporkan kepada petugas.

Sosialisasi kepada warga

Sumber : Sahat Tua Berutu, A.md. dan Budi Satria Sihite, S.Hut.- Polhut Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini