Membangun Komitmen Pemdes dan Warga Negeri Dolok Melalui Kesepakatan Konservasi

Rabu, 06 Juli 2022

Penandatanganan Kesepakatan Konservasi dengan Kepala Nagori Negeri Dolok

Negeri Dolok, 6 Juli 2022. Rangkaian road to HKAN 2022, Balai Besar KSDA Sumatera Utara kembali melakukan giat kesepakatan konservasi. Kali ini melalui Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar telah dilaksanakan penandatanganan Kesepakatan Konservasi bersama Plt. Kepala Nagori Negeri Dolok, Kecamatan Panribuan, Kabupaten Simalungun serta Kelompok Tani Pamatang Tani I, pada Jumat 1 Juli 2022, di kantor Nagori Negeri Dolok.

Kesepakatan konservasi pada intinya merupakan bentuk pengakuan dari pemerintahan desa dan masyarakat  akan keberadaan kawasan konservasi serta komitmen untuk menjaga dan merawat kawasan tersebut agar tetap lestari melalui dukungan terhadap kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat. Adapun bentuk kegiatan ini berupa fasilitasi usaha ekonomi produktif kelompok masyarakat di sekitar kawasan konservasi Cagar Alam (CA) Batu Gajah. Bantuan diberikan berupa uang tunai untuk pengadaan peralatan pertanian masyarakat guna mendukung usaha dalam peningkatan perekonomian warga.

Kesepakatan Konservasi dengan Kelompok Tani Pamatang Tani I

Keberadaan kawasan konservasi CA Batu Gajah yang secara administartif pemerintahan berada di Dusun Pematang, Desa Negeri Dolok, Kecamatan Panribuan, Kabupaten Simalungun, dengan luasnya 0,80 ha., sangat penting artinya mengingat di dalam kawasan ini terdapat batu-batuan peninggalan sejarah, yang berbentuk khas dan merupakan situs megalitik, berupa relief dan patung gajah, relief cecak, patung ular, patung harimau, patung kerbau dan relief kepala kerbau .

Dengan adanya kemitraan konservasi ini diharapkan bukan hanya  untuk peningkatan usaha ekonomi masyarakat, tetapi juga kepedulian warga untuk tetap menjaga dan merawat kelestarian situs sejarah yang ada di kawasan CA. Batu Gajah.

Sumber : Yustiil Fazri – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini