Mitigasi Konflik Satwa Liar Buaya Sinyulong yang Mendekat ke Pemukiman Warga

Selasa, 14 Juni 2022

Pekanbaru 14 Juni 2022 - Tim Resort Kerumutan Selatan dipimpin Kepala Resort Bapak Zulkifli bersama Tim Damkar dan Penyelamatan KPBD Kabupaten Inhu, serta perwakilan dari masyarakat Pangkalan Kasai melakukan mitigasi konflik satwa liar buaya sinyulong di Kelurahan Pangkalan Kasai, Kabupaten Inhu (09/06).

Tim gabungan melakukan pemasangan spanduk himbauan di titik kemunculan buaya dan sekitarnya agar masyarakat berhati-hati dalam melakukan aktivitas di lokasi kemunculan buaya sinyulong di sungai Sikuyam. Tim juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di sungai terutama pada pagi hari dan sore hingga malam hari.

Tim melakukan sosialisasi kepada penjual ayam potong dan masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai agar tidak membuang sisa atau bagian tubuh serta bangkai ayam dan sampah ke sungai, yang dapat mengundang satwa liar buaya mendekati pemukiman warga.

Sampai saat ini satwa liar buaya sinyulong tersebut masih sering muncul di pemukiman warga yang dialiri oleh sungai Sikuyam yang bermuara ke sungai Batang Cenaku. Kawasan ini merupakan habitat satwa liar buaya muara dan buaya sinyulong.

Mari hati-hati dan waspada untuk keselamatan kita terutama bagi masyarakat yang bermukim di sekitarnya. Juga bagi warga yang tinggal disekitar hutan. Karena niscaya kita akan dapat hidup berdampingan dengan mereka jika kita selalu waspada dan saling menjaga.


Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini