Eratkan Komunikasi Dengan Volunteer Untuk Pengelolaan TNGGP

Kamis, 09 Juni 2022

Cianjur, 9 Juni 2022.  Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) menggelar Penguatan Kelembagaan Bina Cinta Alam bersama volunteer lingkup BBTNGGP, Selasa (7/6). Kegiatan diikuti 50 (lima puluh) peserta perwakilan dari volunteer GPO, Montana, Panthera, Eagle, Cantigi, Tepala, PAL, Evergreen, Satapak Rimba, dan Konci.

Plt. Kepala Balai Besar TNGGP, Wasja menyampaikan “Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan komunikasi yang intensif dengan volunteer sebagai bagian dari pengelolaan TNGGP”.

Mantan Kepala Balai Besar (periode 2015-1017), Herry Subagiadi yang saat ini menjadi praktisi bidang lingkungan hidup dan kehutanan, memberikan materi tentang Kolaborasi Pengelolaan TNGGP. Beliau menyampaikan bahwa “Kunci penting kolaborasi yaitu komunikasi yang sehat dan intensif harus dibangun dan diperkuat”. Herry juga menggaris bawahi prinsip kerjasama volunteer, yaitu:
a)    Pengelolaan Taman Nasional tidak dapat bekerja sendiri, membutuhkan dukungan dari berbagai pihak antara lain potensi generasi muda
b)    Volunteer dibentuk sebagai wadah pembelajaran bagi generasi muda dalam mempersiapkan kemampuan untuk pengembangan diri di masyarakat
c)    Pemberdayaan volunteer diarahkan untuk mendukung pencapaian tujuan dan target pengelolaan taman nasional (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango).

Agus Rumchani Sulistyo dari Direktorat Pengelolaan Kawasan Konservasi, Kementerian LHK, mengupas tentang Kebijakan Bina Cinta Alam, memberikan informasi peluang untuk volunteer dapat ambil bagian dalam ajang lomba tingkat nasional (Wana Lestari dan Hari Konservasi Alam) yang diadakan setiap tahun. Acara dilanjutkan dengan paparan progres dan rencana aksi dari 10 (sepuluh) volunteer yang hadir. Ahmad Zaini, Ketua Volunteer Montana berbagi pengalaman tentang jalinan kerjasama dengan BBTNGGP dalam Penguatan Fungsi dan Tata Kelola Kawasan melalui skema Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan sejak tahun 2020.

Hasil pertemuan dengan volunteer menghasilkan rumusan hasil yang ditandatangani oleh pihak BBTNGGP dengan perwakilan dari 10 (sepuluh) volunteer yang hadir. Poin penting rumusan tersebut bahwa Volunteer berkomitmen atas nama kelompok/ komunitas merupakan bagian dari pengelolaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) dalam rangka pelestarian Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya; Volunteer berkomitmen melakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan BBTNGGP dalam rangka pengelolaan TNGGP dan adanya rencana aksi yang akan dilakukan oleh volunteer dalam rangka pengelolaan TNGGP seperti Penguatan kelembagaan; Perlindungan kawasan; Pengawetan flora dan fauna; Pemulihan ekosistem; Pengembangan wisata alam; Pemberdayaan masyarakat; Pendidikan konservasi/ lingkungan; dan Kegiatan sosial lainnya. Selain itu rumusan juga menyebutkan bahwa sistem komunikasi dua arah harus diintensifkan dan perlunya bimbingan teknis dalam rangka pembinaan Bina Cinta Alam (termasuk di dalamnya volunteer) lingkup Balai Besar TNGGP secara bertahap mulai dari tingkat Resort, Seksi PTN Wilayah, Bidang PTN Wilayah sampai Balai.

Banyak pembelajaran yang dapat kita petik bersama dari acara Penguatan Kelembagaan Bina Cinta Alam (Volunteer), yaitu Komunikasi yang sehat dan intensif harus dibangun dan diperkuat; Prinsip saling menghargai, mempercayai, dan saling mendapatkan keuntungan yang positif harus menjadi landasan kerjasama antara Balai Besar TNGGP dan volunteer; Balai Besar TNGGP harus secara jelas dan tegas memberikan ruang-ruang kegiatan dalam melibatkan volunteer dalam rangka mendukung pengelolaan TNGGP; Paradigma bahwa volunteer merupakan wadah untuk pembelajaran dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, tanpa memikirkan keuntungan harus secara terus menerus ditanamkan oleh seluruh anggota volunteer TNGGP dan Volunteer hendaknya memiliki program yang jelas dan berkesesuaian dengan program penguatan pengelolaan TNGGP.

Semoga kolaborasi antara BBTNGGP dengan volunteer maupun mitra lainnya dapat memperkuat pengelolaan TNGGP menjadi lebih baik.

Sumber : Poppy Oktadiyani, S.Hut., M.Si. - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Dok : Bidang Teknis Konservasi - BBTNGGP

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini