Hari Lingkungan Hidup 2022, Fakultas Pertanian UMSU Field Trip ke TWA Sibolangit

Rabu, 08 Juni 2022

Pemberian materi oleh Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit

Sibolangit, 8 Juni 2022. Masih suasana peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, bertempat di Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, Senin 6 Juni 2022 Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama 258 Mahasiswa/I Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) didampingi 20 orang dekan, dosen dan panitia melaksanakan kegiatan kunjungan lapangan (Field Ttrip). Momentum kunjungan kali ini bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema “Satu Bumi untuk Masa Depan”. Hutan Konservasi TWA Sibolangit sebagai salah satu bagian bumi perlu dikenalkan kepada ke generasi muda khususnya mahasiswa/i.

Misril Fuadi, S.P., M.Sc. selaku Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian mewakili UMSU menyampaikan, bahwa kunjungan kali ini adalah bagian tugas kuliah untuk mengenalkan alam dan lingkungan serta keanekaragaman berbagai jenis tumbuhan pohon sekaligus menikmati dan merasakan udara serta ekosistem hutan TWA Sibolangit. Baru saat ini dapat kembali hadir di TWA Sibolangit pasca pandemi, dan bersamaan pula momentumnya dengan  peringatan Hari Lingkungan Hidup.

Tak ketinggalan, Kepala Resort CA/TWA Sibolangit, Samuel Siahaan, SP., mengatakan TWA Sibolangit sebagai pusat edukasi konservasi dan lingkungan di Sumatera Utara sudah menjadi kewajiban  kepada  setiap kunjungan yang hadir di TWA Sibolangit diedukasi dan dikenalkan lebih dahulu apa itu konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Masih  menurut Samuel, bahwa ilmu pertanian yang dijalani mahasiswa/i Fakultas Pertanian UMSU dari Program Studi Agroteknologi, Teknologi Hasil Pertanian dan Agribisnis sangat relevan dan  saling terkait dengan kehutanan khususnya Hutan. Mengapa ?  karena hutan berfungsi sebagai sistem penyangga kehidupan, dan salah satu penyedia jasa lingkungan berupa kebutuhan air baku bagi kehidupan manusia khususnya masyarakat yang bergerak dibidang pertanian, disamping juga sebagai pengatur iklim lokal dan global serta mencegah erosi/banjir.

Hutan Konservasi TWA Sibolangit adalah daerah resapan air berfungsi sebagai pengikat air dalam tanah secara berkelanjutan, sehingga sangat penting untuk menjaga kelestariannya. Dengan kehadiran mahasiswa/i disini,   sudah merupakan bagian dari upaya kepedulian lingkungan serta konservasi dari generasi muda.

Samuel menghimbau kepada generasi muda untuk menerapkan hidup dengan go green (ramah lingkungan) dimulai dari diri sendiri, rumah dan lingkungan kampus seperti menerapkan gaya hidup pilah sampah (baik organik maupun non organik) untuk dapat dimanfaatkan/ didaur ulang kembali,  membawa sendiri tempat air minum (mengurangi penggunaan air minum dalam kemasan), hemat energi/air serta pola-pola peduli lingkungan lainnya, yang semuanya itu dilakukan untuk menjaga keutuhan bumi.

Generasi muda khususnya  mahasiswa/i Fakultas Pertanian  UMSU diajak juga ikut  serta melalui dunia digital, untuk  mengkampanyekan  kepedulian terhadap kehidupan satwa liar dengan tidak memasang jerat, tidak memelihara, tidak memburu atau memperdagangkannya.

Peserta belajar di kawasan TWA Sibolangit

Fieldtrip dilanjutkan dengan memperkenalkan kepada mahasiswa/i berbagai keanekaragaman hayati jenis tumbuhan yang ada di sepanjang jalur interpretasi dan diakhiri kunjungan di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit untuk  mengenalkan secara singkat upaya konservasi satwa liar yang dilindungi undang-undang. Selama fieldtrip peserta didampingi petugas Resort CA/TWA Sibolangit dan 2 orang pemandu dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Diakhir kunjungan peserta menyampaikan rasa puasnya telah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman selama mengelilingi kawasan.  Dekan Fakultas Pertanian juga menyampaikan ucapan terima kasih  atas penerimaan dan sambutan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara, khususnya pengelola TWA Sibolangit serta akan  menjadwalkan kunjungan berikutnya ke TWA Sibolangit. Turut serta hadir mendampingi mahasiswa, Dekan Fakultas Pertanian UMSU Dr. Dafni Mawar Tarigan, S.P., M.Si, . Dr.Ir. Wan Arfiani Barus, M.P., Wakil Dekan 1 dan Akbar Habib, S.P., M.P. Wakil Dekan 3.

Sumber : Samuel Siahaan, SP. – PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini