BBKSDA Riau Bentuk Kelompok Tani Hutan Di Dua Desa Dikabupaten Kuansing

Rabu, 25 Mei 2022

Pekanbaru, 25 Mei 2022 - Balai Besar KSDA Riau Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I membentuk Kelompok Tani Hutan (KTH) di Desa Pulau Padang dan Desa Pangkalan Indarung, Kec. Singingi, Kab. Kuansing, Rabu (18/5).

Kepala Seksi, Sugito didampingi Penyuluh Kehutanan, Tommy SP Sinambela, membentuk KTH Asa Mandiri di Desa Pulau Padang dan KTH Harapan Maju di Desa Pangkalan Indarung, dengan produk yang akan dikembangkan kedua KTH adalah Budidaya Sapi Bali.

Penyuluh kehutanan yang menjadi fasilitator meminta kepada pengurus yang dipilih untuk menyelesaikan administrasi pembentukan kelompok, diantaranya surat permohonan penetapan KTH ke Kepala Desa, AD/ART, dan SK Kades pembentukan KTH.

Fasilitator memberikan motivasi dan arahan dalam pengembangan kelompok diantaranya pentingnya kesolidan  dan saling percaya antar anggota kelompok serta pentingnya untuk dilakukan pertemuan rutin di kelompok tersebut.

Dengan pembentukan dua KTH, diharapkan dapat mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap hutan, serta masyarakat sekitar hutan meningkat, sejahtera dan hutan pun tetap lestari.

[Teks : DI, Foto : Humas BBKSDARIAU | 052022]

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini