Jadi Dosen Tamu, Balai TN Komodo Kenalkan Best Practice Kelola Kawasan Konservasi

Kamis, 19 Mei 2022

Labuan Bajo, Balai Taman Nasional Komodo, 19 Mei 2022. Balai Taman Nasional Komodo memenuhi undangan sebagai dosen tamu untuk kuliah umum dengan tema penanganan satwa liar bagi mahasiswa Diploma III (D-III) Politeknik Elbajo Commodus Labuan Bajo. Kepala Balai Taman Nasional Komodo menugaskan Muhammad Ikbal Putera (Pengendali Ekosistem Hutan Pertama) untuk memberikan materi terkait ‘Sistem Pengelolaan Taman Nasional Komodo’. Acara ini turut dihadiri Septian Hutagalung selaku Kepala Prodi D-III Ekowisata Politeknik Elbajo Commodus Labuan Bajo beserta jajaran dosen.

Sebanyak 30 orang mahasiswa D-III Ekowisata Polikteknik Elbajo Commodus mengikuti materi yang menargetkan mahasiswa agar dapat memahami strategi pengelolaan kawasan konservasi, mengenal jenis flora dan fauna yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo, memahami urgensi implementasi kebijakan ekowisata, mengenal isu-isu konservasi di dalam dan sekitar kawasan, dan mengenal best practice pengelolaan kawasan konservasi di Indonesia.

Pemaparan materi 60 menit menghasilkan diskusi tanya jawab dari tiga orang mahasiswa. Mahasiswa menanyakan terkait dengan studi kasus partenogenesis, penjelasan Zona Inti dan Zona Rimba dilarang dimasuki oleh wisatawan, dan penjelasan terkait dengan penyebab terjadinya konflik antara manusia dengan satwa liar. Mahasiswa juga sempat memberikan saran agar Naturalist Guide dan pemandu wisata turut diberikan pemahaman yang mumpuni terkait dengan sistem pengelolaan Taman Nasional Komodo untuk meminimalisir disinformasi berkepanjangan di lapangan.

Selain mendapatkan pemaparan dari Balai Taman Nasional Komodo, mahasiswa juga mendapatkan materi terkait dengan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dari Kantor Pos SAR Labuan Bajo - Badan SAR Nasional. Narasumber sempat mempraktikan teknik Resusitasi Jantung Paru/Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) dan teknik penanganan korban patah tulang dalam dan luar.

Dosen Politeknik Elbajo Commodus Labuan Bajo berharap kuliah umum ini, mahasiswa memperoleh informasi terkini dan akurat serta menjadi tahu apa yang perlu diperbuat seandainya menemukan/mengalami kejadian kecelakaan dalam rangkaian perjalanan wisatanya. Politeknk Elbajo Commodus Labuan Bajo juga berharap agar kuliah umum ini dapat membantu Balai Taman Nasional Komodo kesempatan sosialisasi dan diseminasi kepada mahasiswa yang merupakan pemuda pemudi lokal di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Sebagai bentuk rasa apresiasi, Polikteknik Elbajo Commodus Labuan Bajo turut memberikan sertifat penghargaan kepada para narasumber seusai acara selesai diselenggarakan.

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6282145675612)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini