Safari Sosialisasi Kemitraan Konservasi pada Keterlanjuran Tambak

Senin, 28 Maret 2022

Batulicin, 16 Maret 2022 – Balai KSDA Kalimantan Selatan menggelar Safari Sosialisasi Kemitraan Konservasi untuk Keterlanjuran Tambak di Desa Pulau Burung, Desa Gunung Besar dan Desa Sungai Dua Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu silam (16/3). Tak hanya memberikan pemahaman kepada masyarakat di tiga desa tersebut tentang Kemitraan Konservasi juga pembelajaran terkait keterlanjuran tambak yang berada di kawasan konservasi. Kemitraan konservasi merupakan peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan legalitas dalam mengelola di dalam kawasan konservasi yang didasarkan rasa saling menghargai, saling percaya dan saling menguntungkan.

Pada kesempatan ini Kepala Balai yang didampingi Kepala Resort Pulau Burung dan Pulau Suwangi Muhammad Tezar dan Kepala Resort Cagar Alam Selat Laut dan Sebuku  Yofi Azhar. menyampaikan kegiatan ini  untuk memberikan informasi tentang Kemitraan Konservasi kepada masyarakat yang beraktivitas di dalam kawasan konservasi khususnya keterlanjuran tambak berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Nomor: P.6/KSDAE/SET/KUM.1/6/2018 tentang Petunjuk Teknis Kemitraan Konservasi pada Kawasan Suaka Alam dan Kawasan Pelestarian Alam. Sedangkan tujuannya adalah masyarakat yang beraktivitas di dalam kawasan konservasi mengetahui dan memahami secara menyeluruh tentang tujuan, mekanisme dan pelaksanaan kegiatan Kemitraan Konservasi.

2-2022-03-28 at 16.36.42

Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Abdul Rahim menyampaikan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu sangat mendukung kemitraan konservasi ini dan menyampaikan rasa terima kasih kepada Balai Konservasi  Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan yang dipimpin oleh  Dr. Ir. Mahrus Aryadi M.Sc. yang selama ini sudah membantu dan membangun masyarakat Desa Pulau Burung dan Pulau Suwangi menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Tanah Bumbu. Dan salah satu wujud dukungan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu akan mengalokasikan anggaran di tahun 2023 untuk pembuatan jalan patroli dan shelter yang berada Pulau Suwangi guna mendukung pelaksanaan patroli pengaman kawasan konservasi.

Sosialisasi Kemitraan Konservasi untuk Keterlanjuran ini disampaikan langsung oleh Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc., Safari sosialisasi diawali di TWA Pulau Burung dan Pulau Suwangi dan dihadiri Anggota DPRD Abdul Rahim, Kepala Desa Pulau Burung Saidina S.Pd, Ketua Adat H. Sarwani, Kelompok Tani Tambak Citra Suwangi dan Kelompok POKDARWIS. Kemudian dilanjutkan keeseokan harinya di Desa Gunung Besar dan Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu yang dihadiri oleh Camat Simpang Empat Supiani, Kepala Desa Gunung Besar, Sekertaris Desa Sungai Dua, Tokoh masyarakat dan perwakilan masyarakat petambak di dua desa tersebut.

3-2022-03-28 at 16.43.54

Bapak Supiani, Camat Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu menyampaikan kemitraan konservasi ini memberikan peluang untuk masyarakat keterlanjuran tambak untuk bermitra dengan BKSDA Kalimantan Selatan  selain tujuan konservasi tercapai dan masyarakat masih dapat memperoleh manfaat berusaha di dalam kawasan konservasi.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan fungsi kawasan konservasi menjadi lebih baik dan masyarakat masih dapat berusaha, semoga. (ryn)

Sumber : Heri Sofian - PEH Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini