Teripang Emas, Kapal Operasional Baru di Kelapa Dua

Sabtu, 26 Maret 2022

Pulau Kelapa Dua, 26 Maret 2022. Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKps) meresmikan nama kendaraan operasional baru yang akan digunakan di wilayah Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Pulau Kelapa Dua berupa Kapal Kayu, yaitu si Teripang Emas.  Peresmian dilaksanakan di halaman kantor SPTN Wilayah I Pulau Kelapa Dua. Penamaan Teripang Emas-pun ditetapkan dengan harapan mampu mendorong peningkatan kinerja yang pada akhirnya output dan outcome dapat tercapai, sesuai dengan namanya, Teripang Emas yang merupakan biota laut yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dan berharga.

Kepala SPTN Wilayah I yang diwakili oleh Bapak Wira Saut Simanjuntak menyampaikan bahwa 99% kawasan TNKpS merupakan perairan, kapal menjadi sarana yang paling dibutuhkan bagi pengelolaan, selain sebagai alat transportasi, kapal ini juga digunakan sebagai alat untuk melakukan kegiatan-kegiatan teknis harian terkait pengelolaan TNKpS. 

“Semoga dengan pemenuhan kapal kayu ini menjadi sarana dan prasaran pendukung dalam menjalankan tugas dan fungsi Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, tentunya dengan berkolaborasi dengan stakeholder lain, seperti Kelurahan Pulau Kelapa.” ujar Bapak Kusminardi, S.H., Kepala Balai TNKpS.  Hal serupa disampaikan Bapak Muslim, S.IP., Sekretaris Lurah Kelapa yang mewakili Lurah Kelapa sangat mengapresiasi atas kontribusi TN Kepulauan Seribu melibatkan masyarakat Kelurahan Pulau Kelapa dalam kegiatan konservasi SPTN Wilayah I Pulau Kelapa.

Penutupan acara ditandai dengan pengguntingan pita, sekaligus peresmian yang dilakukan Kepala Balai TN Kepulauan Seribu dan disaksikan oleh Sekretaris Lurah dan Perwakilan Kepala SPTN Wilayah I Bapak Wira.  Peresmian ini juga dihadiri oleh Kasubag TU TN Kepulauan Seribu, Ketua RT dan RW lingkup Kelurahan Pulau Kelapa, Tokoh Agama dan Adat Pulau Kelapa, anggota Kelompok Usaha Bersama (KUBE) SPTN Wilayah I Pulau Kelapa, KOMPARASI, SPKP Bintang Laut, serta staf dan fungsional Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Semoga Teripang Emas selalu Jaya dan membawa Keselamatan.

Sumber: Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu

Narasi : Wira Saut Simanjuntak (Penyuluh Kehutanan Balai TN Kepulauan Seribu)

Foto: Hardian Agustin (Polisi Kehutanan pada Balai TN Kepulauan Seribu)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini