Sang Merah Putih Raksasa Muncul Dari Laut Berkibar di Bukit Bendera TN Karimunjawa

Karimunjawa, 17 Agustus 2019. Pengibaran Sang Merah Putih yang biasanya dilakukan di lapangan upacara, berbeda jika di Taman Nasional Karimunjawa. Kawasan konservasi yang meliputi perbukitan dan lautan ini mempunyai cara yang unik untuk memperingati HUT RI Ke-74 dengan cara pengibaran sang merah putih di laut dan bukit.

Pengibaran bendera merah putih di bukit dilaksanakan di Bukit Bendera Zona Rimba Taman Nasional Karimunjawa. Apel pengibaran bendera ini diikuti oleh Petugas Balai Taman Nasional Karimunjawa, anggota MMP, MPA, SPKP Karya Bhakti, WCS IP, SMK, Pemuda Ansor dan staf Pelabuhan Perikanan Pantai Karimunjawa. Kegiatan dimulai dengan pengarahan peserta patroli di halaman kantor SPTNW II Karimunjawa. Selanjutnya Peserta berjalan kaki sampai ke Bukit Joko Tuwo untuk mengikuti Apel Pengibaran Bendera Merah Putih berukuran 2,5 x 5 meter dengan acara hormat bendera diiringi lagu Indonesia Raya dilanjutkan mengheningkan cipta. Kemudian bendera dibawa ke Puncak Bukit Bendera untuk dikibarkan pada ketinggian 156,8 mdpl.

Di lokasi lain, para penyelam dari Balai TNKj, WCS IP, DPC HPI Karimunjawa dan pelaku wisata di Karimunjawa melakukan pengibaran bendera merah putih dari dasar laut untuk dikibarkan di atas permukaan laut. Sebelum upacara didahului dengan penyerahan Bendera Merah Putih oleh Camat Karimunjawa kepada tim penyelam, dilanjutkan dengan penyelaman dan pengibaran Bendera Merah Putih di bawah air dengan kedalaman sekitar 5-7 meter kemudian bendera muncul ke permukaan air dan berkibar pada tiang bendera dengan ketinggian sekitar 8 meter di atas air. Selama pengibaran diiringi lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh peserta upacara.

Kegiatan ini didukung oleh Pemerintah Kecamatan Karimunjawa, Balai Taman Nasional Karimunjawa, Koramil 10 Karimunjawa, Pos TNI AL Karimunjawa, UPP Klas III Karimunjawa, WCS IP, DPC HPI Karimunjawa, BRI dan para pelaku wisata di Karimunjawa (Salma Dive Shop, Omah Krimun, Karimunesia, Bunga Jabe dan Laendra Sunset Beach).

Sumber : Balai Taman Nasional Karimunjawa

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini