Presiden Jokowi Sambangi Lembaga Konservasi Sumatera Utara

Selasa, 16 April 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Presiden Jokowi bersama cucu memperhatikan anakan Jaguar yang baru lahir (foto dokumen : Capital Wildlife Research And Breeding Center)

Sibolangit, 16 April 2024. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghabiskan waktu liburan lebaran dan akhir pekan bersama keluarga di Sumatera Utara, dan salah satu tempat yang disambangi adalah Lembaga Konservasi Umum mitra sekaligus binaan  Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Capital Wildlife Research And Breeding Center di The Hill Sibolangit di Desa Sukamakmur, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (13/4).

Capital Wildlife Research And Breeding Center adalah lembaga konservasi berbentuk Taman Satwa. Lembaga Konservasi merupakan lembaga yang bergerak di bidang konservasi tumbuhan dan/atau satwa liar di luar habitatnya (ex-situ), baik berupa lembaga pemerintah maupun lembaga non-pemerintah. Lembaga Konservasi terbagi menjadi dua yaitu lembaga konservasi untuk kepentingan umum dan lembaga konservasi untuk kepentingan khusus, dan Lembaga Konservasi dibina oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) setempat.

Presiden beserta Ibu Negara dan cucu memberi makan rusa (foto dokumen : Capital Wildlife Research And Breeding Center)

Dalam kunjungannya Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Jokowi, putrinya Kahiyang Ayu dan tiga cucunya, yaitu Sedah Mirah Nasution, Panembahan Al Nahyan Nasution, dan Panembahan Al Saud Nasution melihat berbagai macam koleksi jenis satwa liar yang berada di areal The Hill Sibolangit tepatnya di Capital Wildlife Research And Breeding Center, termasuk melihat dua ekor bayi Macan Tutul atau Jaguar yang baru lahir pada 11 Maret 2024 lalu. Jaguar yang baru lahir tersebut merupakan hasil breeding dari induk betina bernama Jodi dan induk jantan bernama Odi, masing-masing berusia 5 tahun. 

Melalui kegiatan ini, Presiden Jokowi bukan hanya menikmati waktu berkualitas bersama keluarga, tetapi juga menanamkan nilai-nilai penting tentang kelestarian lingkungan dan pengenalan fauna kepada cucu-cucunya. (ant)

Sumber : Ainy Amelya Utami, S.Hut. (Penyuluh Kehutanan Ahli Pertama) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara)


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini