Menjaga Asa Konservasi Penyu Pantai Binasi

Selasa, 16 April 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Sorkam, 16 April 2024. Shabudi Sikumbang, Kader Konservasi Alam binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, tidak pernah lelah berkarya dan berbuat untuk menyelamatkan Penyu. Bersama Kelompok Konservasi Penyu Pantai Binasi Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah yang didirikannya, Shabudi terus menggalang partisipasi warga  untuk ikut berperan aktif menyelamatkan satwa penyu. Upayanya membuahkan hasil, warga Desa Pasar Sorkam secara sukarela menyerahkan telur-telur penyu kepada kelompok Konservasi Penyu Pantai Binasi, yaitu penyerahan satu sarang sebanyak 115 butir di akhir bulan Januari 2024 dan satu sarang lagi  di bulan Februari sebanyak 109 butir telur. Telur-telur penyu tersebut kemudian dieramkannya dan yang berhasil menetas sebanyak 219 anak tukik. Sedangkan 199 butir telur lagi saat ini sedang dalam proses pengeraman.

Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Konservasi Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori, mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Shabudi beserta dengan  kelompok Konservasi Penyu Pantai Binasi yang telah berhasil mendorong dan memotivasi warga untuk ikut terlibat dalam upaya penyelamatan serta pelestarian penyu sampai kepada penetasan telur dalam rangka meningkatkan populasi dari penyu-penyu tersebut. 


Telur-telur penyu yang berhasil dikumpulkan dari warga

Selain itu Shabudi, dengan bermodalkan pengetahuannya sebagai kader konservasi, juga gencar melakukan sosialisasi dan edukasi kepada warga untuk menghindari kegiatan/aktivitas perburuan dan perdagangan, baik telur maupun satwa penyu serta bagian-bagian tubuhnya. Sosialisasi ini dilakukan dari rumah ke rumah warga maupun dalam berbagai kegiatan/pertemuan warga. Generasi-generasi muda juga tak luput dari sasaran edukasinya dalam rangka menumbuhkan kepedulian terhadap konservasi penyu sedini mungkin.

Dengan berbagai upaya yang dilakukannya dengan tanpa lelah dan secara sukarela, Shabudi mencoba menjaga asa menyelamatkan dan melestarikan satwa penyu agar tetap lestari dan terhindar dari kepunahan. Ini sebuah bentuk pengabdian yang tulus dari seorang kader konservasi.

Sumber : Lantas Hutagalung (Kepala Resort Pelabuhan Laut Sibolga dan Bandara Pinangsori) dan Duhuso Zendrato (PEH Pemula) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara 


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini