Mengenal Sosok Kuau Raja dari Taman Nasional Batang Gadis

Panyabungan, 25 November 2020. Taman Nasional Batang Gadis itu kaya dengan biodiversitynya, diantaranya memiliki jenis keanekaragaman burung baik itu yang dilindungi maupun tidak. Salah satu burung yang dilindungi itu burung Kuau Raja, ingin lebih tahu tentang burung satu ini, yuk baca ulasan berikut :

Nama Lokal : Kuau Raja; Nama Latin : r gusianus argus; Nama International : Great Argus; Penyebaran : Hutan Tropis Sumatera, Kalimantan dan Semenanjung Malaya.

Karakteristik, habitat dan kebiasaan : Kuau Raja terdapat dalam suku Phasianidae memiliki bulu dengan panjang 120 - 200 cm untuk jantan, bulu berwarna coklat-kemerahan dihiasi bulatan atau bintik-bintik kecil dan kepala berwarna biru, terdapat bulu tengkuk berwarna kehitaman dan kaki berwarna merah. Burung betina berukuran lebih kecil dari burung jantan, panjangnya sekitar 60 - 75 cm, dengan jambul kepala berwarna kecoklatan. Bulu ekor dan sayap betina tidak sepanjang burung jantan, dan hanya dihiasi dengan sedikit bulatan atau bintik-bintik kecil.

Pada musim berbiak, burung jantan memamerkan bulu sayap dan ekornya di depan burung betina. Bulu-bulu sayapnya dibuka membentuk kipas, memamerkan "ratusan mata" atau bulatan-bulatan pada di depan pasangannya.

Status konservasi : Hampir Terancam/ Near Threatened (NT) di dalam daftar Red List IUCN (International Union for the Conservation of Nature).

Status perlindungan : Dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.106/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2018 Tentang Jenis Tumbuhan Dan Satwa Yang Dilindung.

Lokasi dijumpai : Taman Nasional Batang Gadis.

Sumber : Mulliyadi Moel - PEH Balai Taman Nasional Batang Gadis

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini