Ajak Anak Cinta Lingkungan dan Mengenal Jenis Satwa Dilindungi

Jumat, 28 Februari 2020

Sorong, 26 Februari 2020 - Dalam rangka mengenalkan konservasi keanekaragaman hayati ,  wisata alam, serta menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan kepada pelajar sejak dini, Balai Besar KSDA Papua Barat melaksanakan kegiatan Conservation Goes to School pada hari Selasa dan Rabu (25-26 Februari 2020) di SD Inpres 109 Kota Sorong. Peserta  Conservation Goes to School  antara lain siswa/i kelas V berjumlah 35 orang dan siswa/i kelas III berjumlah 25 orang.

Materi yang disampaikan meliputi pengenalan jenis-jenis satwa endemik dan satwa dilindungi yang ada di Papua Barat, pengenalan Taman Wisata Alam Sorong, serta penanaman nilai-nilai cinta lingkungan.  Materi disampaikan menggunakan metode fun games dan alat peraga oleh staf fungsional Penyuluh dan Pengendali Ekosistem Hutan. Kegiatan ini merupakan kali pertama dilaksanakan oleh Balai Besar KSDA Papua Barat, dengan tujuan untuk menyebarluaskan pesan-pesan konservasi kepada kalangan pelajar dan mahasiswa..Melalui pendidikan konservasi secara lebh dini diharapkan dapat membentuk karakter yang cinta terhadap lingkungan dan sumber daya alam disekitarnya.

Siswa-siswi yang mengikuti Conservation goes to school sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan dan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan kuis yang diberikan. Sebagai apresiasi bagi peserta yang berani tampil di depan kelas menjawab kuis, BBKSDA Papua Barat memberikan kenang-kenangan berupa Buku Awesome West Papua dan The Colour of Biodiversity in West Papua  untuk meningkatkan minat baca peserta dan lebih mengenalkan peserta tentang kawasan konservasi dan keanekaragaman hayati yang ada di Papua Barat.

Kepala SD Inpres 109 Perumnas Sorong (Maryatin) menyatakan sangat mendukung kegiatan Conservation goes to school karena memberikan warna baru yang lebih menyenangkan dalam proses belajar anak didik  khususnya untuk menumbuhkan semangat para siswa/i untuk melestarikan alam dan lingkungan sekitarnya. Beliau berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di sekolah yang Ia pimpin.

 

Sumber: Balai Besar BKSAD Papua Barat

Dokumentasi: Rivaldo D. Patty, S.T (Staf Teknis) & Selviana Manggasa, S.Hut (PEH)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini