Aksi Peduli Lingkungan TWA Teluk Youtefa

Selasa, 20 Februari 2018

Jayapura, 20 Febuari 2018. Balai Besar KSDA Papua bersama Masyarakat Kampung Tobati adakan “Aksi Peduli Lingkungan TWA Teluk Youtefa” pada hari Rabu, 14 Februari 2018, tujuan kegiatan ini adalah untuk menarik perhatian masyarakat agar tingkat kepedulian masyarakat semakin tinggi terhadap Lingkungan Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Teluk Youtefa dan turut bersama menjaga kawasan dari sampah organik maupun anorganik.  Dalam hal ini dilakukan kegiatan peduli lingkungan dengan membersihkan sampah sepanjang kawasan tersebut khususnya di areal hutan bakau.

Kawasan TWA Teluk Youtefa memiliki potensi untuk pengembangan wisata alam, beberapa objek dan daya tarik wisata alam di TWA Teluk Youtefa adalah pariwisata alam, wisata pendidikan alam, wisata sejarah perang dunia dan wisata budaya. Kawasan ini letaknya berdekatan dengan Kota Jayapura sehingga banyak pengunjung baik wisatawan domestik maupun mancanegara, kurangnya kesadaran pengunjung ini mengakibatkan banyak sampah di beberapa tempat di kawasan, selain itu juga sampah yang berasal dari Pasar Youtefa dan dari masyarakat setempat (Tobati dan Enggros) yang telah ada sebelum kawasan ini ditunjuk.

Aksi peduli lingkungan yang difokuskan pada areal hutan bakau dilakukan dengan peralatan sederhana dan menggunakan perahu masyarakat, aksi ini  berhasil mengumpulkan beberapa karung sampah besar yang terdiri sampah organik dan anorganik, selanjutnya diangkut ke tempat pembuangan sampah.  Selain mengadakan Aksi Peduli Lingkungan, Kepala Resort Youtefa (Ernes O. Itaar) beserta tim juga melaksanakan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kawasan dari sampah kepada masyarakat yang berada di sekitar Kawasan Taman Wisata Alam Youtefa.

Sumber : Reza Arisandy Torano - Bakti Rimbawan Balai Besar KSDA Papua

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini