TN Matalawa Latih 40 Pemandu Wisata Lingkup Sumba

Selasa, 24 Oktober 2017

Waingapu, 24 Oktober 2017. Guna meningkatkan trend kunjungan wisata ke Taman Nasional Matalawa-Sumba, pihak pengelola kawasan TN Matalawa melakukan pelatihan pemandu wisata alam di Hotel Aloha- Sumba Barat. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 18 s.d. 20 Oktober 2017, dengan peserta pelatihan berjumlah 40 (empat puluh) peserta yang berasal dari pemandu wisata alam lingkup Sumba.

Kegiatan ini diisi dengan penyampaian materi yang praktisi dan narasumber berkompeten dibidang wisata alam, serta praktek dan kunjungan lapang ke Air Terjun Lapopu. Adapun pengisi materi pada kegiatan ini meliputi Kepala Balai TN Matalawa (Kebijakan pemanfaatan wisata alam di kawasan konservasi), Kepala Dinas Pariwisata Sumba Barat (Potensi Wisata Unggulan Sumba), Praktisi bahasa inggris ( Pengenalan Bahasa Asing Bagi Pemandu Wisata), Praktisi Perhotelan dan Agen/Travel Wisata (Peranan komponen pendukung wisata alam), Fungsional Penyuluh Kehutanan (Tehnik Komunikasi dalam Pemanduan), Fungsional PEH (Interpretasi Wisata) dan Yayasan Sekar Kawung (Tehnik Pemanduan). Selain penyampaian materi, kegiatan praktek interpretasi, tehnik komunikasi dan pemanduan wisata dilaksanakan di salah satu objek daya tarik wisata alam (ODTWA) ungulan TN Matalawa, yaitu Air terjun Lapopu.

Diharapkan melalui kegiatan ini kapasitas pemanduan wisata alam, khususnya di kawasan TN Matalawa dapat meningkat. Sehingga angka kunjungan wisata dikawasan TN Matalawa dapat meningkat, dan secara implikatif dapat meningkatkan kesejahteraan para pemandu wisata yang berasal dari masyarakat disekitar kawasan TN Matalawa. Hal ini disampaikan Kepala Balai TN Matalawa (Maman Surahman, S.Hut.,M.Si) dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi kegiatan pemandu Wisata Alam Lingkup TN Matalawa.

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanahdaru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini