Burung Dara Terindah Didunia

Kamis, 27 April 2017

Mambruk selatan dalam nama ilmiahnya Goura scheepmakeri, juga dikenal dengan nama Southern Crowned Pigeon. Mambruk Selatan adalah salah satu spesies burung Dara mahkota yang merupakan kerabat dari burung merpati.

Burung berwarna biru keabu-abuan ini merupakan merpati darat terbesar dengan ciri khas jambul rumit seperti renda biru, iris mata berwarna merah, dan bulu dada berwarna merah marun gelap. Baik jantan maupun betina memiliki ukuran dan bentuk yang hampir sama, akan tetapi jantan biasanya berukuran lebih besar. Ukuran rata-ratanya adalah panjang 70 cm.

Burung ini masih berkerabat dekat dengan Mambruk victoria, semuanya adalah jenis yang terbesar sekaligus yang tercantik dan terindah dalam keluarga merpati (Columbidae). Mambruk selatan adalah hewan endemik Papua Indonesia, karena hanya ditemukan di hutan dataran rendah bagian selatan Pulau Papua tepatnya di kampung Fanamo distrik Mimika Timur Jauh berdasarkan data lapangan yang di peroleh tim Balai Taman Nasional Lorentz tahun 2016. Saking indahnya burung ini pernah di abdikan dalam uang koin pecahan 25 rupiah.

Makanan utama burung ini adalah buah dan biji-bijian. Penduduk asli Papua memburu burung ini diburu untuk dimakan dan mendapatkan bulunya yang indah dan berwarna biru. Akibat kehilangan habitat, sebarannya yang terbatas dan perburuan, Mambruk Selatan dikategorikan sebagai spesies rentan dalam Daftar Merah IUCN untuk spesies terancam. Dan masuk kategori Satwa yang di lindungi berdasarkan  Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 7 tahun 1999

Sumber :

1. Hasil Survey Balai Taman Nasional Lorent

2. Pratt, T.K., Beehler, B.M., 2015. Birds of New Guniea, Second Edition. Princeton University Press, Princeton, NJ, USA

Artikel: Ibnu Aromi (Balai TN Lorentz)

Foto oleh : M. Abdul Hakim (Balai TN Lorentz)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini