Sinergitas BKSDA Sumatera Barat dengan Kabupaten Tanah Datar

Kamis, 23 September 2021

Padang, 23 September 2021. Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) beraudiensi dengan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, sebagai upaya membangun sinergitas penanganan dan penyelesaian permasalahan pengelolaan kawasan Taman Wisata Alam (TWA) di Kabupaten Tanah Datar pada hari Rabu 22 September 2021. 

Dalam kesempatan tersebut Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono, menyampaikan sejarah penetapan dan isu-isu pengelolaan taman wisata alam, update penanganan permasalahan yang telah dilakukan, dan menjelaskan alternatif solusi serta ruang sinergi melalui program kemitraan konservasi, pola-pola pengelolaan partisipatif, serta berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dapat menjadi pengungkit bagi terwujudnya “Masyarakat Sejahtera Hutan Lestari”. Sementara itu, upaya penegakan hukum tetap harus dilakukan sebagai upaya terakhir atau ultimatum remedium. 

Bapak Bupati menyambut baik audiensi ini dan siap bersinergi dalam mendampingi masyarakat di sekitar hutan. Upaya dialog, sosialisasi dan pendampingan telah dilakukan oleh petugas lapangan BKSDA Sumbar di tingkat tapak pada level desa sampai dengan kecamatan. Saat ini di Kabupaten Tanah Datar terdapat 3 kelompok desa binaan yang berada di bawah BKSDA Sumbar yaitu KTH Taxus Singgalang Nagari Pandai Sikek, Pokdarwis Gantiang Singgalang Nagari Singgalang dan KTH Sawah Luak Nagari Andaleh. Kelompok desa binaan ini didukung melalui program pengembangan usaha ekonomi masyarakat disekitar kawasan hutan. Bantuan direncanakan diserahkan langsung oleh Bupati Tanah Datar kepada ketiga kelompok desa binaan. 

Hasil audiensi ini diharapkan dapat dijadikan pijakan awal dalam membangun kesepakatan dengan Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kesepakatan tersebut diperlukan untuk menjadi acuan dalam memperkuat komunikasi dan kesepahaman areal kelola masyarakat dan memastikan konflik kepentingan dalam kawasan taman wisata alam tidak semakin meruncing. 

Pertemuan yang dilakukan di ruang kerja Bupati dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Turut hadir bersama Bapak Bupati yaitu Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan olah Raga. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Bagian Pengelolaan Sumber Daya Alam.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini