PT. Angkasa Pura Bandara YIA Dukung Restorasi Kawasan Pesisir Selatan DIY

Yogyakarta, 10 Agustus 2022. Balai KSDA Yogyakarta mendukung dan mengapresiasi langkah yang dilakukan PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta dalam upaya restorasi di pesisir selatan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui penanaman pohon dalam upaya pencegahan abrasi di Kulonprogo, Rabu (10/8/22).

Penanaman Pohon yang dilakukan PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta ini bertepatan dengan momentum Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 10 Agustus. Penanaman pohon ini dilakukan untuk mendorong percepatan mitigasi bencana di wilayah bandara dan salah satunya adalah Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang dilakukan di tiga titik meliputi wilayah sisi selatan, barat dan timur Bandara YIA. Jenis yang ditanam meliputi jenis mangrove, cemara udang, pandan laut dan anggur laut dengan total jumlah sebanyak 5.000 pohon.

Dalam sambutan Gubernur DIY yang diwakili Bupati Kulonprogo, Drs. Tri Saktiyana, M.Si bahwa diharapkan semuanya menjaga  keadaan yang telah baik menjadi lebih baik lagi. Selanjutnya General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara internasional Yogyakarta, Marsma TNI Agus Pandu Purnama menyampaikan “Pelaksanaan program penanaman pohon ini tidak hanya terfokus pada pelestarian kawasan penyangga bandara, namun juga bertujuan menambah kerapatan vegetasi untuk menahan abrasi pada kawasan greenbelt, mendukung kawasan ekowisata sekitar YIA, menambah kembali kawasan terbuka hijau, sebagai bentuk realisasi terhadap rencana aksi mitigasi gas rumah kaca (RAN-GRK), serta sebgai upaya pemberdayaan masyarakat sekitar.” ungkap Agus Pandu.

Upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta tersebut telah dituangkan dalam bentuk kesepakatan bersama dengan KTH penerima bantuan PT Angkasa Pura I agar dapat melakukan pemeliharaan melalui program padat karya.

Di sela-sela acara penanaman pohon tersebut, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi menyampaikan bahwa “Penggunaan lahan di pesisir pantai selatan DIY ini cukup massive, dengan berbagai bentuk pemanfaatannya  mulai dari perikanan tambak, pertanian, wisata dan juga keberadaan mangrove di kawasan tersebut. BKSDA Yogyakarta sangat mendukung apa yang dilakukan PT Angkasa Pura I dalam upaya mencegah abrasi di sekitar pesisir pantai selatan DIY tersebut, terlebih lagi dengan adanya aset penting negara yakni Bandara Internasional Yogyakarta. Untuk ke depannya, kami juga berharap pengelolaan pesisir pantai selatan DIY ini dapat dilakukan secara terpadu karena kawasan  pesisir pantai selatan ini sebagiannya merupakan kawasan ekosistem essensial dengan nilai keanekaragaman hayati yang tinggi  yang harus dikelola secara terpadu lintas sektoral.” jelas M. Wahyudi.

Hadir dalam acara penanaman pohon ini (Pj) Bupati Kulon Progo, Ketua DPRD Kulon Progo, Komandan Kodim dan Kepolisian Resor Kulon Progo, Komandan Satuan Radar 215 Congot, Ketua Pengadian Negeri Wates, Ketua Kejaksaan Negeri Kulon Progo, Kepala Dinas LHK DIY, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, GM Perum LPPNP Cabang Yogyakarta, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II YIA, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Yogyakarta, Kepala BPBD Kulon Progo, Komandan TNI AL Congot, Panewu Temon, KTH Pasir Kadilangu serta Kepala Desa (Jangkaran, Glagah dan Karangwuni).

Sumber : Balai KSDA Yogyakarta

Penanggung jawab berita: Kepala Balai KSDA Yogyakarta-Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449) 

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini