Translokasi Siamang dan Owa ke Sumatran Rescue Alliance

Kamis, 03 Oktober 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Siamang yang ditranslokasi berada di  kandang di SRA, Desa Bukit Mas

Desa Bukit Mas, 3 Oktober 2024. Awal bulan Oktober 2024, Balai Besar KSDA Sumatera Utara telah melakukan kegiatan translolasi satwa liar dilindungi jenis Siamang (Symphalangus syndactylus) sebanyak 1 (satu) individu dan Owa Sumatera (Hylobates agilis) sebanyak 1 (satu) individu dari Pusat Penyelamatan Satwa  (PPS) Sibolangit ke Sumatran Rescue Alliance (SRA) di Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, melalui jalan darat.

Sebelumnya satwa Siamang merupakan hasil penyerahan dari warga dan masuk ke Pusat Penyelamatan Satwa Sibolangit pada tanggal 28 November 2021 yang lalu, sedangkan satwa Owa Sumatera juga hasil penyerahan dari warga dan masuk ke PPS Sibolangit pada 25 Oktober 2023 yang lalu.

Kegiatan translokasi dilakukan oleh petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Tim Seksi Konservasi Wilayah II Stabat bersama dengan lembaga mitra dari SRA dan Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Center (YOSL-OIC). Translokasi ini dimaksudkan untuk merawat dan merehabilitasi kedua satwa sebagai persiapan sebelum nantinya dilepasliarkan ke habitat alaminya. Semoga kelak Siamang dan Owa dapat hidup kembali di habitatnya dan berkembang biak secara alami guna meningkatkan populasinya. 


 Sumber : Suparman, SP. (Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara



Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini