Pemagangan Kelompok Tani Hutan di SKW 1 Pelaihari

Senin, 30 September 2024 BKSDA Kalimantan Selatan

Tanah Laut, 25 September 2024 – Guna percepatan implementasi Indonesia FoLU Net Sink 2030, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) Pusat Penyuluhan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan Kegiatan Pemagangan Wanawiyata Widyakarya di Gunung Birah Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut.

Perwakilan dari BP2SDM-Pusat Penyuluhan, Bapak Drs. Agus Sunaryo dalam sambutannya menjelaskan tentang Dasar Pelaksanaan Wanawiyata Widyakarya serta Pengembangannya. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor P.61/Menlhk-II/2015, Wanawiyata Widyakarya adalah model usaha bidang kehutanan dan atau lingkungan hidup yang dimiliki dan dikelola oleh kelompok tani dan atau kelompok masyarakat sebagai percontohan, tempat pelatihan, magang bagi masyarakat lainnya.


Didampingi oleh penyuluh kehutanan Balai KSDA Kalimantan Selatan, 4 Kelompok Tani Hutan (KTH)  binaan Balai KSDA hadir untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan ini. 4 Kelompok Tani Hutan (KTH)  tersebut yaitu kelompok Jasa Wisata Susur Sungai “Pantai Baru” dan kelompok Pecinta Anggrek “Amabilis Lestari” dari Suaka Margasatwa (SM) Pelaihari dan kelompok Jasa Wisata Jualan Tepi Pantai Batakan Lama “Maju Bersama” dan Kelompok Jasa Wisata Penyeberangan Tanjung Dewa-Pulau Datu “Sumber Rezeki” dari Taman Wisata Alam (TWA)  Pelaihari.


Dengan adanya kegiatan Wanawiyata Widyakarya ini diharapkan para anggota KTH mendapatkan peningkatan kompetensi dalam pengetahuan, keterampilan, pengembangan diri serta produktivitas yang dapat menunjang kesejahteraannya. (Ryn)

Sumner: Revina Rizqidia E. S., S.Hut. (Penyuluh SKW I Pelaihari) - Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini