BBKSDA Jatim Lakukan Survei Lokasi Pelepasliaran Lutung

Senin, 01 Juli 2024 BBKSDA Jawa Timur


Malang, 31 Juni 2024. Resort Konservasi Wilayah 18 – BBKSDA Jatim Bersama Pusat Rehabilitasi Lutung Jawa - The Aspinal Foundation Indonesia Program, melaksanakan survei penentuan lokasi pelepasliaran Lutung budeng (Trachypithecus auratus) pada 23-30 Juni 2024 di Cagar Alam Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari lokasi alternatif pelepasliaran primata yang dilindungi itu di cagar alam yang letaknya di Malang selatan.

Selain itu, kegiatan kolaboratif ini juga dilakukan untuk mengetahui kondisi terkini, jumlah dan sebaran lokal lutung, potensi pakan, potensi satwa predator yang ada, serta kondisi gangguan keamanan oleh manusia di area survei. Tim juga melakukan survei vegetasi dengan hasil profil vegetasi emergen dan kanopi strata yang cocok untuk strata penggunaan ruang Lutung budeng di Cagar Alam Pulau Sempu. Selama survei, tim menjumpai Lutung budeng dengan frekuensi tinggi di Blok Waru-waru.

Berdasarkan hasil survei lutung dan vegetasi didapatkan kesimpulan bahwa Cagar Alam Pulau Sempu masih memungkinkan menjadi areal pelepasanliaran lutung. Karena masih ada ruang kosong yang netral untuk areal pelepasliaran tanpa mengganggu kelompok lutung yang telah ada lebih dahulu.


Sumber : Agus Irwanto, Balai Besar KSDA Jawa Timur


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini