Pelepasliaran Satwa Dilindungi Pada Hari Keanekaragaman Hayati Dunia

Selasa, 23 Mei 2023 Balai KSDA Sumatera Barat

Selasa, 23 Mei 2023 - Dalam rangka Road To HKAN yang puncaknya diselenggarakan pada bulan Agustus dan untuk memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Dunia yang jatuh pada 22 Mei 2023, Balai KSDA Sumatera Barat melakukan pelepasliaran satwa yang dilindungi ke habitatnya.

Sebelumnya Balai KSDA Sumatera Barat menerima penyerahan dua ekor satwa dilindungi dari 2 (dua) pihak yang berbeda, yaitu dari Damkar Payakumbuh dan Warga Teluk Kabung Padang. Aksi Hebat kedua pihak itu dilakukan masing masing di kantor Damkar Kota Payakumbuh berupa satu ekor Kukang (Nycticebus caucang) dari Damkar kota Payakumbuh kepada RKW III Lembah Harau, dimana satwa ini ditemukan oleh seorang warga di Situjuah Padang Kuniang yang dengan kesadarannya menyerahkan kepada Damkar Kota Payakumbuh dan kemudian pihak Damkar menyerahkan ke Balai KSDA Sumatera Barat melalui RKW III Lembah Harau. Setelah melihat kondisi satwa yang sehat, petugas  Resort segera melepasliarkan satwa Kukang ke salah satu kawasan konservasi di Kabupaten Lima Puluh Kota pada hari yang sama.

Tak mau kalah, warga Teluk Kabung Padang juga ikut berperan dalam pelestarian satwa dilindungi dengan menyerahkan seekor satwa. Tim WRU Balai KSDA Sumatera Barat menyambut hangat penyerahan satwa trenggiling (Manis javanica). Setelah melalui proses pemeriksaan medis, trenggiling tersebut dilepasliarkan di kawasan terdekat sebagai langkah nyata dalam menjaga kelangsungan hidup spesies dilindungi tersebut. 

Kepala Balai KSDA Sumbar, Ardi Andono mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran Payakumbuh dan warga Teluk Kabung yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam menjaga keberlangsungan hidup satwa satwa tersebut. 


Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini