PLTMH Lapopu Siap Terangi Desa di Sekitar Kawasan TN Matalawa

Kamis, 20 Juni 2019

Waingapu, 19 Juni 2019. Keindahan air terjun sebagai objek wisata juga memiliki fungsi lain yang tak kalah penting bagi masyarakat sekitar, yaitu pembangkit listrik. Pemanfaatan air terjun Lapopu di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) sempat menjadi kisah manis di beberapa desa yang terpenuhi kebutuhan dasarnya akan penerangan. Namun, karena kerusakan mesin, pembangkit listrik ini berhenti beroperasi beberapa tahun yang mengakibatkan masyarakat tidak lagi mendapatkan aliran listrik.

Melalui Rencana Pengusahaan Pemanfaatan Energi Air (RPPEA), PT. Remo Integritas Solusindo berencana mengaktifkan kembali PLTMH Lapopu mulai tahun ini dan pada saat ini masih tahap perijinan. Terkait hal ini, Kepala Balai TN Matalawa, Ir. Memen Suparman, M.M., dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Hastoto Alifianto, S.Hut, M.Si, beserta tim meninjau lokasi PLTMH. Tim melakukan pemantauan di beberapa titik, diantaranya: ruangan mesin, jalur pipa, dan sumber mata air yang harus dilalui dengan menaiki ± 500 anak tangga.

Kepala Balai mengingatkan kepada petugas resort di lapangan untuk selalu mengawasi pekerjaan yang akan dilakukan para pengembang. Utamakan kebersihan dan kenyamanan pengunjung objek wisata karena air terjun Lapopu merupakan ikon Pulau Sumba yang menjadi daya tarik wisatawan.

Sumber: Balai TN Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini