Antisipasi Ancaman, Petugas Perketat Pengawasan

Jumat, 25 Oktober 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Salah satu beko yang di data oleh petugas

Sosopan, 25 Oktober 2024. Pada saat petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Resort Suaka Margasatwa (SM) Barumun pada Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang Bersama dengan Masyarakat Mitra Polhut (MMP)  melakukan kegiatan Patroli Tumbuhan dan Satwa Liar  di Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas, dari tanggal 21 sampai dengan 24 Oktober 2024, diterima informasi serta laporan dari warga tentang adanya alat berat (beko) sebanyak 7 unit memasuki lahan salah seorang warga, Dahlan Siregar, di sekitaran Desa Hutabara, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas.

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas kemudian melakukan koordinasi dengan kepala desa setempat, lalu menuju lokasi alat berat yang tengah bekerja dimana ada 3 unit sedang beraktivitas dan 4 unit lagi sedang tidak digunakan. Posisi alat berat berada di lahan APL yang berjarak sekitar 1,6 km dari Kawasan SM. Barumun. Petugas juga mengumpulkan  keterangan dari sipemilik lahan, Dahlan Siregar. 

Kepada petugas pemilik lahan menjelaskan bahwa  alat berat tersebut digunakan untuk membersihkan lahan miliknya seluas ± 20 Ha yang merupakan program kemitraan dari salah satu perusahaan  berupa penanaman eukaliptus dengan sistem bagi hasil dan kontrak lahan. Isi lahan yang dibersihkan tersebut berupa tanaman karet, durian, torop, petai, ingul, kemenyan, aren, salak, dan kemiri. 

Alat berat yang sedang beraktivitas

Petugas memberikan sosialisasi kepada pemilik agar berhati-hati dalam melakukan kegiatan pembersihan lahan, mengingat tidak jauh dari lokasi terdapat Kawasan konservasi SM. Barumun. Dihimbau agar tidak melakukan aktivitas yang berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap Kawasan SM. Barumun. Selain itu, sosialisasi juga diberikan kepada masyarakat sekitar, tentang beragam jenis tumbuhan dan satwa liar yang perlu untuk dilindungi demi menjaga kelestariannya .

Sampai saat ini, petugas  tetap melakukan pemantauan aktivitas alat berat, dan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat serta MMP.

Sumber : Supandi (Kepala Resort SM. Barumun II dan Bandara Aek Godang) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini