Unit Konservasi Penyu di TN Meru Betiri

Senin, 21 Oktober 2024 Sekretariat Ditjen KSDAE

Jember, 21 Oktober 2024. Pantai Sukamade yang masuk wilayah kawasan Taman Nasional Meru Betiri merupakan pantai yang menjadi tempat singgah penyu untuk bertelur. Empat jenis penyu dari tujuh jenis di dunia pernah singgah di pantai ini, yakni Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Lekang dan Penyu Belimbing. Di pantai ini juga terdapat Unit Konservasi Penyu yang dikelola oleh Balai Taman Nasional Meru Betiri dengan tujuan melestarikan satwa penyu dengan merelokasi telur penyu ke tempat penetasan semi alami yang dibuat, hal ini dilakukan agar telur penyu tetap aman dari ancaman predator yang ada.


Setiap malam hari petugas secara bergantian memantau kehadiran penyu yang ingin bertelur dan menyelamatkan telur tersebut untuk di relokasi. Setiap telur penyu yang menetas dan akan dilepasliarkan kemudian dicatat, dan Unit Konservasi Penyu Pantai Sukamade memiliki catatan tersebut sejak tahun 1980. Di sini petugas juga menerima kunjungan pengunjung baik wisatawan nusantara maupun mancanegara yang ingin belajar mengetahui proses peneluran penyu dan konservasi penyu yang dilakukan.

Petugas setempat berharap akses ke Pantai Sukamade dapat diperbaiki dan ke depannya Unit Konservasi Penyu Pantai Sukamade dapat menjadi Pusat Konservasi Penyu di Indonesia.

Sumber: Setditjen KSDAE dan Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini