Sekretaris Ditjen KSDAE Ikuti Penanaman Pohon Serentak dan Jumpa Pegawai UPT di Dua Provinsi

Jumat, 08 Maret 2024 Sekretariat Ditjen KSDAE

Makassar, 8 Maret 2024. Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE, Suharyono, melakukan kunjungan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup KSDAE di dua provinsi, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan, pada Rabu (6/3) hingga Jumat (8/3).

Pada kunjungan kali ini, Sekditjen KSDAE mengikuti kegiatan penanaman pohon serentak. Di kesempatan penanaman pohon serentak kali ini, Direktorat Jenderal KSDAE mengikuti dari dua provinsi yakni Sumatera Utara dan Sulawesi Tenggara. Penanaman pohon serentak yang diwakili Sekditjen KSDAE dilaksanakan di Kebun Raya Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari, pada Kamis (7/3). Kegiatan yang dilaksanakan bersama UPT lingkup KLHK Provinsi Sulawesi Tenggara ini diikuti sekitar 100 peserta. 

Kepala BPDAS Sampara menyampaikan jika lokasi Kebun Raya UHO dipilih karena kebun raya ini merupakan kebun raya pertama yang didirikan oleh perguruan tinggi dan mendapatkan Rekor Muri 2018. “Dalam penanaman pohon serentak ini akan dilakukan di lahan seluas kurang lebih satu hektar, dan tanaman yang akan ditanam adalah bibit hasil persemaian oleh civitas akademika Universitas Halu Oleo dan BPDAS. Ada 159 jenis tanaman yang akan ditanam dan tanaman tersebut adalah jenis tanaman endemik di Sulawesi Tenggara,” jelasnya saat menyampaikan laporan kegiatan.


Sebelum mengikuti kegiatan penanaman pohon serentak, Sekditjen KSDAE bertemu dengan para pegawai UPT lingkup KSDAE di Provinsi Sulawesi Tenggara lewat kegiatan Pembinaan Pegawai di Plaza Inn Hotel, Kendari, pada Rabu (6/3). Dalam kunjungan jumpa pegawai ini, Setditjen KSDAE didampingi oleh Kepala Bagian KKOTL, Kepala Bagian PEHKT, Kasubbag TU dan staf Setditjen KSDAE. 

Pada kesempatan tersebut, Setditjen KSDAE menyampaikan pesan kepada para pegawai tiga UPT lingkup KSDAE di Sulawesi Tenggara, BKSDA Sulawesi Tenggara, Balai TN Rawa Aopa dan Balai TN Wakatobi. Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE berpesan agar para pegawai di lingkup UPT KSDAE tetap produktif dalam bekerja dan menjadi ASN yang berkarakter.

“Hal yang paling mempengaruhi produktivitas kerja adalah kenyamanan dalam bekerja. Selain itu, kita juga harus menjadi ASN yang ber-AKHLAK,” ucap Suharyono di depan kurang lebih 100 pegawai lingkup KSDAE.

Acara Pembinaan Pegawai yang dilaksanakan sejak pukul 14.00 WITA ini berlangsung efektif. Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE juga melakukan dialog dengan pegawai. Beberapa pegawai mengajukan pertanyaan kepada Sekditjen KSDAE, mulai dari persoalan kepegawaian hingga produktivitas kerja. “Apa saja kriteria nyaman di tempat kerja?” tanya salah satu pegawai dari BKSDA Sulawesi Tenggara.

Sekditjen KSDAE menjelaskan untuk menghadirkan kenyamanan dalam bekerja, harus dimulai dengan sikap mampu menerima perubahan. “Karena sebagai ASN, perubahan-perubahan kerap terjadi,” jawab Suharyono.


Tidak hanya di Sulawesi Tenggara, Sekditjen KSDAE juga melakukan Pembinaan Pegawai di Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Sulawesi Selatan, pada Jumat (8/3). Pada kesempatan itu, Sekditjen KSDAE juga memberikan pesan agar para pegawai BTN Bantimurung Bulusaraung untuk menjadi ASN yang menerapkan prinsip-prinsip ber-AKHLAK. Suharyono juga menyampaikan pentingnya memberikan penyadartahuan kepada masyarakat agar timbul kesadaran dalam menjaga kawasan konservasi.

Dalam kegiatan tersebut peserta diberikan pemahaman tentang sikap profesional dan kode etik ASN yang disampaikan oleh Sekditjen KSDAE. Ia menekankan pada "Intra Independent". Di samping itu juga diberikan siraman rohani yang juga mengarah pada pentingnya Membangun dan Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja SDM di Tingkat Tapak. Pembinaan pegawai diharapkan dapat menjadi media atau cara untuk tetap menjaga hubungan dan menumbuhkan iklim kerja yang produktif di lingkungan kerja. Pembinaan ASN melibatkan tiga unsur yaitu disiplin kerja, pengembangan karier, dan kode etik. Melakukan pekerjaan dengan semangat dan inovasi serta kepedulian terhadap pencapaian tujuan visi dan misi merupakan salah satu bentuk disiplin kerja.

Sumber: BTN Bantimurung Bulusaraung dan Setditjen KSDAE

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini