Penanaman Pohon Serentak Dilanjutkan

Selasa, 16 Januari 2024 BBKSDA Sumatera Utara

Simalungun, 16 Januari 2024. Setelah sukses melaksanakan kegiatan Penanaman Pohon Serentak Seluruh Indonesia, pada Sabtu 30 Desember 2023 yang lalu, jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan baik di pusat maupun di daerah kembali melanjutkan giat penanaman pohon serentak pada Sabtu, 13 Januari 2024. Dalam berita media yang dilansir kantor berita Antara, disebutkan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH) siap melanjutkan penanaman pohon secara serentak di seluruh tanah air hingga April 2024. Upaya ini sebagai langkah nyata mengatasi perubahan iklim, pemulihan kualitas lingkungan hidup dan mendukung percepatan rehabilitasi hutan dan lahan.

Untuk Provinsi Sumatera Utara, kegiatan penanaman pohon serentak dipusatkan di Lokasi UPSA KTH Sipolha Horison di Kelurahan Sipolha Horison, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, yang dihadiri oleh : Pj. Gubernur Sumatera Utara, Direktur Jenderal PKTL, Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Utara, Pimpinan UPT Kementerian KLHK baik Pusat maupun Provinsi serta unsur pemerintah setempat. 

Kegiatan penanaman pohon serentak  ini juga menindaklanjuti arahan  Presiden RI untuk melakukan penanaman serentak sepanjang musim penghujan tahun 2023/2024. Pj. Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, dalam sambutannya mengatakan gerakan menanam pohon yang berkesinambungan harus terus ditingkatkan guna upaya merehabilitasi lahan kritis dan pelestarian hutan, dengan melibatkan/menggalang partisipasi serta kontribusi berbagai pihak sebagai wujud tanggung jawab bersama.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Rudianto Saragih Napitu, S.Si., M.Si., selaku Koordinator Wilayah UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara  dalam  laporannya  menyatakan kesiapan serta dukungan penuh jajaran Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang ada di Provinsi Sumatera dalam kegiatan penanaman pohon serentak, dengan menyediakan bibit pohon antara lain Alpokat Siger, Durian, Pinang sebanyak 200 batang di areal seluas 5 ha. Sebelumnya pada Sabtu 30 Desember 2023, juga dilakukan penanaman serentak di dua lokasi yaitu Retreat Center Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) di Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang seluas 1 Ha dengan jumlah bibit sebanyak 110 bibit, serta di lokasi KTH Lestari seluas 15 Ha dengan jumlah bibit sebanyak 6.000 bibit.

Pelaksanaan penanaman serentak akan terus berlanjut, semoga kegiatan ini memberi dampak positif dan manfaat baik bagi lingkungan lokal maupun global serta bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan.

Sumber : Rezki Indah Siregar, SP. (PEH) – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini