Jerat Itu Bahaya, Begini Upaya Kita Memusnahkannya

Kamis, 01 Juni 2023 Balai KSDA Sumatera Barat

Kamis, 1 Juni 2023 - Patroli pemusnahan jerat dilakukan pada Senin sd Jum'at, 22 hingga 26 Mei 2023 di beberapa lokasi yang terletak di SM Malampah A.P Nagari Simpang Induk, Simpang Utara Kecamatan Simapng Alahan Mati dan Nagari Tanjung Beringin Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Patroli yang dilakukan bang AA Jusmar dan kawan kawan dari Seksi Wilayah 1 Pasaman dilakukan juga bersama mitra Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya (PRHSD) loh..

Tim berpatroli dan melakukan sapu jerat. Mereka menemukan total 52 jerat satwa yang ditemukan pada beberapa lokasi yang berbeda dalam kawasan SM Malampah Alahan Panjang dengan rincian sebagai berikut : 14 jerat aktif yaitu 1 unit jerat sling untuk harimau, 13 jerat tali  untuk rusa, kijang, kambing hutan, kancil, dll di jalur punggung bukit batas fungsi HL dan SM Malampah AP sepanjang sekitar 6 km (dari Dusun Bateh sd Jorong Simp.Tigo Utara).  Ditemukan juga 25 unit jerat tidak aktif di Jorong Maringging sd Jorong Simpang Tigo Utara, belakang kantor wali Nagari Simpang Utara), 7 jerat tali tidak aktif dan 1 jerat tali aktif di Jorong Tikalak Nagari Tanjung Beringin sampai batas akhir jalan punggung bukit dalam kawasan SM Malampah AP dan 5 unit jerat aktif di SM Malampah AP Jorong Simpang Hilir Nagari Simpang Induk sampai Jorong Simpang Tigo Nagari Simpang Utara.

Seluruh jerat tersebut segera dihancurkan dan dimusnahkan. Timpun melakukan pemasangan pengumuman dan peraturan terkait perburuan satwa di lokasi temuan jerat. 

Di beberapa lokasi Tim menemukan aktivitas perladangan dan adanya bangunan pondok ladang dalam kawasan namun tidak ditemukan penghuninya sehingga Tim memberikan sosialisasi dan pemahaman terkait kawasan konservasi dan peraturan kehutanan kepada setiap masyarakat yang ditemui baik saat berada di dalam kawasan maupun di sekitar kawasan saat berpatroli.

Tim juga menyampaikan jika ingin memasuki kawasan konservasi harus dengan ijin pengelola kawasan yaitu Balai KSDA Sumatera Barat.


Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini