Kembali, BBKSDA Riau Evakuasi Ular Hasil Tangkapan Warga

Selasa, 21 September 2021

Pekanbaru, 20 September 2021. Balai Besar KSDA Riau kembali  evakuasi dan melepasliarkan satwa yaitu ular sanca (Phyton reticulatus). Kali ini petugas Resort Kerumutan Selatan (Pekan Heran) bersama masyarakat mitra Polhut/masyarakat peduli api (MMP/MPA) dan Ketua RT Desa Kp. Pulau pada Senin, 20 September 2021.

Kronologis dimulai pada Sabtu, 18 September 2021 di mana tokoh masyarakat Desa Teluk Sejuah, Kec. Kelayang, Kab. Inhu melaporkan kepada Kepala Resort Kerumutan Selatan bahwa warganya telah menangkap seekor ular Sanca dengan panjang sekitar 5 meter. Ular ditangkap karena masuk pemukiman dan memangsa ternak warga dan telah ditangkap sekitar 2 minggu yang lalu, namun masyarakat tidak tahu ke mana ular tersebut akan diserahkan. Keesokan harinya petugas Resort turun melakukan pengecekan kondisi ular bersama Sekdes dan masyarakat. Disimpulkan bahwa kondisi ular sangat baik dan masih sangat agresif. Tim juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak berburu, melukai dan membunuh satwa liar. 

Satwa ular tersebut dibawa ke kantor Bidang KSDA Wilayah I Rengat untuk dilakukan observasi dan pada Senin, 20 September 2021, dilepasliarkan di habitatnya yaitu kawasan konservasi yang jauh dari pemukiman penduduk.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini