Budidaya Ikan Lele Kelompok Tani Hutan Bayu Syuhada Sebagai Upaya Peningkatan Kapasitas SDM

Senin, 20 September 2021

Kepala Bidang Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan Kota Subulussalam Sedang Menyampaikan Materi

Trumon Tengah, 20 September 2021. Kelompok Tani Hutan Bayu Syuhada binaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Subulussalam yang beranggotakan 16 orang anggota kelompok, mendapatkan materi mengenai budidaya ikan lele. Kelompok yang terbentuk sekitar dua bulan yang lalu ini, terpilih sebagai desa yang akan mendapatkan bantuan dari KLHK. Peningkatan kapasitas anggota KTH Bayu Syuhada dilakukan di rumah Kepala Desa Cot Bayu, Kecamatan Trumon Tengah, Kab. Aceh Selatan, Senin (20/9).

Materi disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Perikanan Kota Subulussalam. Dalam penyampaian materi ini, beliau menyampaikan materi mengenai jenis lele yang akan dibudidayakan, jenis kolam budidaya dan ukurannya, jenis pakan, perhitungan jumlah lele dalam satu kolam, pemberian pakan pada ukuran lele yang berbeda, serta perbandingan budidaya lele lokal dengan lele budidaya.

Dari hasil diskusi, anggota KTH Bayu Syuhada sepakat untuk membudidayakan jenis lele sangkuriang dengan rencana lokasi budidaya di samping rumah Ketua Kelompok. Dari diskusi tersebut juga dilakukan pembagian tanggung jawab dimana satu anggota bertanggung jawab terhadap satu kolam lele. Kedepan diharapkan agar peningkatan kapasitas SDM ini terus dilakukan agar terbentuk masyarakat yang mandiri baik dari segi ekonomi maupun dari segi keterampilan.

Sumber: Balai KSDA Aceh Seksi Konservasi Wilayah II Subulussalam

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini