Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Balai TN Taka Bonerate Serahkan Bantuan KUPS

Senin, 20 September 2021

Desa Tambuna, 20 September 2021 – Balai Taman Nasional (TN) Taka Bonerate memiliki berbagai macam bentuk upaya dalam membina kelompok usaha masyarakat. Salah satunya dengan memfasilitasi kelompok untuk memperoleh modal maupun kemudahan dalam berusaha. Pada awal tahun 2021 lalu, Balai TN Taka Bonerate memfasilitasi kelompok binaannya yaitu Kelompok “Himpunan Nelayan Pasitallu (HINPAS)” dan Kelompok “Pulau Mas Tambuna”, untuk mengajukan proposal bantuan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) kepada Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) Wilayah Sulawesi. Kedua Kelompok binaan ini berasal dari Desa Tambuna, Kecamatan Taka Bonerate yang merupakan salah satu desa yang berada di kawasan Taman Nasional Taka Bonerate. Bantuan KUPS merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat dalam menjalankan usaha perhutanan sosial dan sebagai sarana meningkatkan nilai tambah dan pendapatan dalam mencapai kemandirian usaha.  Setelah melalui berbagai proses, proposal kedua kelompok ini akhirnya lolos verifikasi administrasi dan teknis, dan berhak mendapat bantuan KUPS.

Bantuan KUPS Kemitraan Konservasi kepada kedua kelompok tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate, Faat Rudhianto, S.Hut., M.Si. Selain itu, dalam kegiatan tersebut hadir pula Kepala SPTN Wilayah II Jinato, Sekretaris Desa Tambuna bersama Aparat desa lainnya, serta para pegawai Balai Taman Nasional Taka Bonerate yang bertugas pada Resort Pasitallu Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Tambuna. (13/09/2021)

Bantuan KUPS yang berasal dari Balai PSKL Wilayah Sulawesi ini berbentuk barang senilai 100 juta rupiah untuk dua kelompok. Bantuan ini sebagai sarana untuk mendukung usaha para anggota kelompok dalam melaksanakan aktivitas perikanan ramah lingkungan. Dalam sambutannya, Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate menghimbau agar bantuan ini dipergunakan sesuai peruntukan. “Kami dari Balai Taman Nasional Taka Bonerate, akan membantu agar bantuan ini dapat berkelanjutan setiap tahun kepada kelompok masyarakat mitra balai, khususnya bagi kelompok yg aktif serta kelompok yang belum mendapatkan bantuan” ujar Kepala Balai. Tak lupa, Kepala Balai juga memberikan apresiasi kepada kelompok penerima bantuan atas atensi dan kehadiran semua anggota pada saat penyerahan bantuan.

Harapannya bantuan fasilitas yang dilakukan Balai Taman Nasional Taka Bonerate dalam upaya memperoleh bantuan KUPS – Kemitraan Konservasi ini dapat memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat agar kedepannya kesejahteraan masyarakat di dalam kawasan semakin baik.

 

 

Sumber : Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini